in ,

Kenapa Bendera Kuning di Indonesia Melambangkan Kematian?

apakah semua negara menggunakannya?

bendera kuning
foto: pixabay

Ngobrolin.id— Apa yang terlintas di benak kamu ketika melihat bendera kuning, atau setidaknya mendengar kata bendera kuning. Bendera tersebut sangat erat kaitannya dengan simbol duka akibat kematian.

Setiap anggota keluarga yang baru saja ditinggalkan pasti sibuk menyiapkan beberapa perlengkapan, dan salah satunya bendera kuning. Bendera tersebut biasanya terpasang di depan gang rumah dan di depan rumah sebagai pertanda keberadaan rumah duka.

Bendera tersebut juga digunakan oleh para pelayat yang mengantar jenazah ke pemakaman. Biasanya, bendera terpasang di kendaraan sebagai pertanda rombongan pelayat. Di Indonesia, rombongan pelayat akan berjalan beriringan di belakang mobil ambulans. Hal tersebut bertujuan agar para rombongan pelayat juga bisa diberikan akses jalan yang lancar seperti mobil ambulans agar tidak terlambat sampai ke pemakaman.

Tapi, pernahkah terlintas di benak kamu kenapa warna kuning yang dipilih untuk melambangkan suasana tersebut?

Ternyata, warna kuning sudah melambangkan kematian sejak zaman kolonialisme Belanda. Sebenarnya, bendera tersebut awalnya berwarna kuning polos dan terdapat simbol huruf Q. Bendera tersebut digunakan sebagai pertanda bahwa pasien menderita sebuah wabah mematikan dan wajib dikarantina. Huruf Q pada bendera tersebut menyimbolkan kata Quarantine.

Semakin banyak bendera kuning yang terlihat, semakin banyak korban yang meninggal akibat wabah tersebut. Setelah wabah selesai, bendera tersebut jadi meninggalkan kesan yang cukup kelam bagi masyarakat.

Bendera tersebut malah identik dengan kematian seseorang. Oleh karena itu, masyarakat menggunakan bendera tersebut sebagai pertanda ada seseorang yang meninggal.

Ternyata, di beberapa negara juga memiliki simbol-simbol warna yang menggambarkan kematian yang berbeda-beda. Misalnya saja di Inggris, masyarakat Inggris menggunakan warna hitam sebagai simbol berduka. Pelayat akan mengenakan baju serba hitam dari atas hingga bawah.

Di Tiongkok, masyarakat menggunakan warna putih sebagai tanda berduka. Seluruh kostum hingga peralatan yang digunakan untuk prosesi pemakaman menggunakan warna putih.

Jadi, jangan heran kenapa di luar negeri tidak ada bendera kuning sebagai simbol duka. Bendera ini memang hanya digunakan oleh Indonesia dan sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

 

 

mengeluh

Apakah Mengeluh Itu Wajar?

tenda di bawah bintang

Tenda di Bawah Bintang, Nonton Film di Bawah Taburan Bintang