in

Kenapa Pria Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

turunkan beran badan
Foto: Shutterstock

Ngobrolin.id — Tak jarang orang berpikir kalau pria lebih cepat turunkan beran badan dibanding wanita. Lalu, apakah itu benar atau mitos belaka?

turunkan beran badan
Foto: Shutterstock

Melansir Times of India, Senin (8/4), penelitian terbaru menyebutkan bahwa wanita memang lebih terobsesi dengan makanan dibandingkan pria. Para peneliti juga menemukan, sekitar 25 persen wanita yang melakukan diet selalu memikirkan makanan hampir setiap setengah jam.

Selain itu, wanita juga lebih memiliki hubungan emosional dengan makanan, sedangkan pria tidak. Alhasil saat diet, wanita cenderung tidak bisa menahan godaan makanan favorit mereka.

Studi lain yang diterbitkan dalam buku Conquering Heart Attack & Stroke merujuk pada studi pemindaian otak juga membenarkan hal itu. Dalam studi, para peneliti menyuguhkan makanan lezat di depan pria dan wanita yang belum makan selama satu hari, kemudian meminta mereka untuk melawan rasa lapar mereka.

Ditemukan bahwa otak pria kurang aktif merespons dalam hal pengaturan emosi, memori, dan motivasi untuk makan dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu, bagi mereka para lelaki, cukup mudah mengendalikan keinginan untuk menyantap makanan favorit mereka.

Selain itu, pria memiliki metabolisme yang lebih cepat. Metabolisme rata-rata pria, yaitu 5 hingga 10 persen lebih tinggi daripada wanita dengan berat dan tinggi yang sama. Ini karena mereka memiliki otot lebih ramping daripada wanita sehingga membantu para pria membakar lebih banyak kalori.

Untuk itu, para peneliti menyarankan agar perempuan bisa menghindari makan karena dorongan emosional saat diet. Misalnya dorongan makan saat mengalami hari yang buruk dan tidak punya makanan favorit untuk menghibur diri sendiri. Sebab, hal itulah yang akan menghambat rencana penurunan berat badan.

tumbuh kembang anak

Manfaat Bermain dengan Kakek-Nenek untuk Tumbuh Kembang Anak

cara atur WhatsApp

Supaya Tak Mudah Dimasukkan Grup, Begini Cara Atur WhatsApp Milikmu