in , ,

Kenapa Tanaman Hias Bisa Mahal Banget?

harga tanaman hias
foto: Pexels

Ngobrolin.id — Bagi orang awam yang tidak paham tentang tanaman hias pasti akan terperanjat ketika mendengar harga tanaman hias tertentu. Misalnya, tanaman janda bolong atau Monstera adansoni yang ditaksir hingga puluhan juta. Bahkan, pehobi yang ingin membelinya harus melakukan inden terlebih dahulu seperti membeli rumah. Lantas, banyak orang awam yang bertanya-tanya, kenapa tanaman hias bisa mahal?

Janda bolong merupakan salah satu tanaman hias yang melejit ketika pandemi berlangsung. Tanaman janda bolong yang masih berukuran kecil saja sudah dihargai hingga puluhan juta, apalagi untuk tanaman yang sudah berumur lebih dewasa.

Salah satu penyebab tanaman hias bisa mahal adalah keunikan dari penampilan tanaman hias tersebut. Dahulu, penggemar tanaman hias hanya berdatangan dari kalangan atas sehingga pasar tanaman hias seperti pasar seni. Pembelinya akan membeli keindahan dari karya seni tersebut, tak heran harganya cenderung mahal.

Dengan melesatnya perkembangan teknologi, banyak orang yang sudah mulai mengetahui tanaman hias tersebut sehingga menyebabkan permintaannya menjadi tinggi. Sementara, persediaan tanaman ini terbatas karena masih sedikit yang membudidayakannya. Akhirnya, harga tanaman janda bolong langsung naik drastis.

Melihat fenomena tersebut, banyak orang yang ingin mencari tanaman ini sebagai koleksi dan untuk dijual kembali dengan harga yang lebih mahal. Mahalnya harga jual tanaman hias dijadikan sebagai bentuk kebanggaan bagi pemiliknya.

Sebelum janda bolong, ada juga aglonema yang sudah lebih dulu menggemparkan publik. Pada 2006 silam, ada tanaman aglonema yang berhasil dijual seharga Rp660 juta untuk satu potnya. Meskipun mahal, membeli aglonema bukanlah merupakan keputusan yang sia-sia. Pemilik tanaman bisa membudidayakan tanaman ini karena aglonema cukup mudah dikembangbiakkan. Hasil budidaya tersebut bisa dijual kembali dan mendatangkan keuntungan.

Pada dasarnya, yang membuat tanaman hias bisa mahal adalah keunikan dari tanaman itu sendiri. Apalagi, jika varietas tanaman tersebut langka dan jumlahnya sangat terbatas di dunia. Tanaman hias juga bisa mahal jika teknik budidaya tanaman tersebut sulit, misalnya bonsai. Hal terakhir yang bisa membuat mahal harga tanaman hias adalah permintaan yang melonjak tinggi, sedangkan persediaannya masih terbatas.

 

ASKfm

Apa Kabar ASKfm Saat Ini?

niacinamide

Fungsi Kandungan Niacinamide pada Skincare