in

Kepribadian Ambiver, Setengah Introver Setengah Ekstrover

kepribadian yang jarang disadari

ambiver
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Kita biasanya hanya mengenal kepribadian introver atau ekstrover. Ada yang merasa senang berada di tengah keramaian, tetapi ada pula yang lebih senang menyendiri untuk mendapatkan ketenangan. Namun, bagaimana jadinya jika kamu tidak condong salah satunya? Siapa tahu kamu adalah tipe orang ambiver.

Ambiver merupakan salah satu jenis kepribadian yang dipaparkan oleh Carl G. Jung dalam bukunya yang berjudul Psychological Types. Jung membagi jenis kepribadian seseorang menjadi tiga jenis, yaitu ekstrover, introver, dan ambiver. Ambiver adalah jenis kepribadian yang bisa bersikap seperti ekstrover dan introver.

Psikolog asal Wharton School of the University of Pennsylvania, Amerika Serikat, Adam Grant, mengatakan ada dua pertiga di dunia yang tidak bisa dikatakan introver atau ekstrover. Berikut ini ciri-ciri orang yang memiliki kepribadian ambiver.

Senang bersosialisasi, tetapi kadang butuh waktu sendiri

Orang yang bertipe ini sangat senang bersosialisasi seperti tipe ekstrover. Mereka merupakan pribadi yang ramah dan cukup terbuka dengan orang lain. Namun, kadang kala mereka juga membutuhkan waktu jeda untuk menyendiri bersama dunianya sendiri.

Menyukai keramaian tetapi pasif

Tipe ambiver merupakan orang yang bisa berada di tengah keramaian, mereka cukup menikmati ketika berada di tengah keramaian. Kebiasaan yang paling sering dilakukan adalah mengamati orang-orang yang berada di tengah keramaian. Namun, mereka biasanya tidak seaktif orang ekstrover, lebih nyaman menjadi orang yang pasif sambil memandangi keramaian tersebut.

Pembicara dan pendengar yang baik

Kadangkala orang esktrover bukan pribadi yang baik dalam hal mendengarkan, hal tersebut dikarenakan kepiawaiannya dalam berbicara. Sementara, introver lebih nyaman menjadi pendengar yang baik hingga ia merasa butuh untuk bercerita. Tipe ambiver merupakan seseorang yang bisa berbicara dengan baik dan menjadi pendengar yang baik.

Plin plan

Si ambiver bisa dibilang kepribadian yang plin plan karena sulit menentukan keputusan yang menurutnya bisa melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda-beda, baik dari sisi ekstrover maupun sisi introver.

Sulit diprediksi

Kepribadian ambiver terkenal cukup moody. Adanya kecenderungan dua sisi kepribadian di dalam dirinya membuat mereka suka berubah-ubah, termasuk suasana hatinya.

cuti bersama idulfitri

Revisi Libur Cuti Bersama Idulfitri 2020

belanja online

Tips Belanja Online Selama Pandemi Covid-19 Biar Gak Boros