in

Keracunan Makanan? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

Segera lakukan ini agar cepat mengatasi keracunan yang dialami

keracunan makanan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pernah mengalami keracunan makanan? Dalam beberapa kasus, keracunan makanan memang hal yang dapat berakibat fatal. Namun, bila kamu hanya merasakan gejala ringan akibat keracunan makanan, cukup lakukan hal-hal sederhana ini agar gejala yang kamu rasakan berkurang. Apa saja?

Pertama, kamu harus perbanyak mengonsumsi air putih. Keracunan makanan biasanya akan menimbulkan efek mual, muntah, ataupun diare. Air putih mampu mencegah risiko dehidrasi akibat tubuh kehilangan terlalu banyak cairan.

Air yang dikonsumsi tak hanya dalam bentuk air mineral. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, seperti buah atau makanan berkuah. Namun, kamu sebaiknya menghindari makanan berkuah yang mengandung santan, minyak, ataupun pedas yang berlebihan karena hal tersebut dapat memperburuk keadaan.

Selain air, kamu juga dapat mengonsumsi teh jahe untuk mengatasi gejala ringan keracunan makanan. Dilansir dari jurnal Nutrition pada 2017, jahe merupakan obat alami untuk meredakan mual.

Pembuatan teh jahe hampir sama seperti membuat teh hangat pada umumnya. Kamu hanya perlu menyiapkan tambahan berupa jahe yang sudah dibersihkan dan rebus bersama dengan air hingga mendidih. Tuangkan teh jahe ke gelas dan konsumsi hingga kamu merasa lebih baik dan sudah tidak lagi mual.

Tak hanya itu, probiotik atau makanan dengan kandungan bakteri baik ternyata juga disarankan untuk dikonsumsi saat kamu menderita keracunan. Keracunan terjadi karena adanya mikroba yang masuk ke tubuh. Dengan mengonsumi makanan mengandung probiotik, mikroba baik dalam makanan tersebut akan melawan mikroba jahat yang sudah lebih dulu singgah di sistem pencernaan.

Selain itu, jika keracunan yang kamu derita menyebabkan diare, sering kali mikroba asli dalam sistem pencernaan ikut terbuang. Dengan mengonsumsi probiotik, kamu dapat melakukan regenerasi mikroflora usus dengan lebih cepat.

Beberapa jenis makanan yang mengandung asupan probiotik antara lain yoghurt dan tempe rebus. Lezat dan mudah dicari, bukan?

Saat mengalami mual, muntah, dan diare akibat keracunan, tubuhmu juga butuh asupan energi, lho. Berikan energi bagi tubuh dari makanan yang rendah serat. Makanan seperti nasi, roti tawar, dan pisang rendah serat sehingga dapat langsung dicerna dalam usus.

Terakhir, kamu perlu waktu istirahat yang cukup untuk mengembalikan energimu. Saat tubuh beristirahat, sel dan jaringan akan memperbaiki diri dan melawan bakteri jahat yang menyebabkan kamu keracunan.

 

obat panas dalam

Panas Dalam? Coba Atasi dengan Ini

langkah menyampaikan pendapat

Langkah Tepat Sampaikan Pendapat Saat Rapat