in

Kereta Api Jakarta-Garut, Kehadirannya Disambut Meriah

Sebentar lagi bisa ke kota Garut langsung dari Jakarta naik kereta

kereta api garut
foto: instagram @ridwankamil

Ngobrolin.id — Sebelumnya, rute perjalanan Jakarta menuju Garut hanya sampai pada Stasiun Cibatu dan tidak bisa diteruskan menuju Kota Garut. Pada Minggu, 23 Februari 2020, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah kabar menggembirakan jika kini rute kereta api Garut dari Jakarta.

Rute Cibatu Garut sudah tidak beroperasi sejak 36 tahun lalu. Dahulu, jalur kereta ini menjadi jalur transportasi untuk mengangkut komoditas perkebunan dari Kota Garut. Namun, pada 1983 jalur Cibatu-Cikajang sudah berhenti beroperasi.

Pengaktifan kembali jalur kereta api ini disambut baik oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk Gubernur Jawa Barat. Pasalnya, rencana ini sudah dirancang sejak 2018 dan kini sudah masuk rangkaian uji coba terakhir dengan diluncurkannya kereta inspeksi pada 23 Februari kemarin. Kehadiran kereta tersebut disambut meriah oleh seluruh warga Garut dari berbagai lapisan sembari terus melambaikan tangannya ke kereta tersebut.

Reaktivasi jalur rel kereta ini menjadi kado di hari ulang tahun Kota Garut yang ke-207. Pihak KAI berjanji sekaligus meminta perizinan ke pemerintah setempat untuk menggratiskan jalur ini pada awal peresmiannya yang rencananya akan dirilis pada awal Maret.

Dilansir dari kompas.com, jalur Cibatu-Garut dibangun pada 1884 dan dibangun selama 5 tahun. Dulunya, Charlie Chaplin pernah menggunakan jalur ini untuk menuju Kota Garut yang terbukti dari sumber literasi sejarah. Charlie Chaplin berswafoto dengan warga Garut di Stasiun Garut pada 1932. Selanjutnya, Chaplin melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta, kemudian berlanjut ke Kota Surabaya.

Dengan aktifnya kembali jalur Cibatu-Garut, Ridwan Kamil berharap agar sektor pertanian dan ekonomi di Kota Garut akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan semakin mudahnya moda transportasi menuju Kota Garut untuk menarik para wisatawan serta para pelaku bisnis.

Banyak komoditas lokal Garut yang sebenarnya sudah memiliki popularitas, tetapi masih terpendam karena masih susahnya transportasi menuju ‘kota dodol’ tersebut. Kini, kamu bisa dengan mudah piknik ke Kota Garut untuk mencicipi dodol, jeruk, dan melihat lebih dekat domba garut yang terkenal itu. Kira-kira, apa lagi yang kamu ingat tentang Garut?

trasnportasi di Jakarta

Berkelana di Jakarta Makin Mudah dengan Transportasi

mobil listrik

Indonesia Mulai Rencanakan Penggunaan Mobil Listrik