in , ,

Kerja Sambil Ngopi, Why Not?

kerja sambil ngopi
Foto: pexels

Ngobrolin.id — Ngopi emang udah jadi salah satu kegiatan yang dilakukan hampir tiap hari. Saking banyaknya orang yang suka ngopi, kedai kopi pun tumbuh menjamur. Bahkan, banyak juga yang sudah menjangkau daerah perkantoran. Tujuannya adalah menyediakan minuman kopi terbaik bagi para konsumennya yang suka kerja sambil ngopi.

Kopi sendiri mengandung berbagai senyawa yang bisa menyebabkan perasaan seseorang jadi lebih bersemangat. Kafein dan kortisol yang berinteraksi dapat mengakibatkan kewaspadaan tubuh jadi meningkat. Akibatnya, tubuh jadi nggak gampang ngantuk dan nggak gampang loyo.

Kortisol sendiri merupakan hormon steroid golongan glukokortiloid. Hormon ini diproduksi oleh sel dalam kelenjar adrenal. Salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan kadar gula darah melalui mekanisme glukoneogenesis, menekan kerja sistem imun, serta meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

Saat tubuh sedang stres, kortisol akan mengubah cadangan energi menjadi gula. Gula inilah yang akan digunakan sebagai bahan bakar sel-sel tubuh, termasuk sel otak untuk berpikir.

Sebaiknya, jangan minum kopi pada saat kortisol dalam tubuh sedang mencapai kadar tertinggi. Waktu kortisol mencapai kadar tertinggi tersebut antara lain pukul 8 hingga 9 pagi, pukul 12 hingga 13 siang, dan pukul 18 hingga 19 malam.

Jika kamu meminum kopi yang mengandung kafein pada saat tersebut, akan terjadi resistensi. Hal ini menyebabkan toleransimu akan zat kafein menjadi meningkat. Kamu nggak lagi bisa meminum kopi dalam dosis yang rendah karena takaran kopimu tak lagi efektif.

Ada beberapa waktu ideal yang disarankan untuk meminum kopi. Waktu tersebut adalah pada pukul 9.30 hingga 11.30 pagi menjelang siang. Karena pada saat tersebut, kadar kortisol dalam tubuh sedang rendah.

Beberapa jenis kopi yang biasa dikonsumsi antara lain kopi hitam tanpa gula, kopi hitam dengan tambahan gula, kopi susu atau coffee latte, cappuccino, moccaccino, sampai white coffee.

Para pekerja kantor biasanya memilih untuk membawa kopi tersebut sambil diminum di meja kerja. Tapi tak jarang juga mereka bersantai sambil ngopi di kafe atau kedai kopi, baik sambil meeting maupun bersantai selepas kerja. Beberapa orang lainnya cenderung lebih suka menyeduh kopi sendiri di pantry.

Beberapa orang bahkan merasakan tidak bisa berkonsentrasi jika tidak bekerja sambil ngopi. Menurut survei yang dikutip dari Tirto.id, sebanyak 61 persen responden bahkan mengatakan membutuhkan lebih dari dua cangkir kopi setiap harinya. Wow!

bulimia dan anoreksia

Ini Bedanya Bulimia dan Anoreksia

buah-buahan bagus buat kulit

5 Buah ini Bagus Buat Kulitmu, Girls!