in , ,

Kesalahan Saat Memasak yang Kerap Dilakukan

hindari kesalahan tersebut semakin jago memasak

kesalahan memasak
foto : Unsplash

Ngobrolin.id — Kita membutuhkan makanan setiap harinya untuk hidup. Jika biasanya di rumah ada ibu yang memasak untuk kamu, bagaimana jadinya jika di tanah perantauan. Kamu harus bisa lebih mandiri mengolah bahan masakan untuk diri sendiri. Tak jarang hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, apalagi bagi mereka yang tidak senang memasak. Orang yang sudah jago masak saja masih sering melakukan kesalahan saat memasak, bagaimana mereka yang jarang masak.

Tenang saja, seiring berjalannya waktu kamu pasti bisa belajar masak karena kepepet. Kesalahan menjadi suatu hal yang wajar. Berikut ini kesalahan saat memasak yang sering dilakukan.

Memasak sayuran terlalu lama

Tahukah kamu ada beberapa jenis sayuran yang cukup dimasak dalam waktu 3—5 menit saja? Jika sayuran tersebut dimasak terlalu lama, akan menyebabkan gizi di dalam sayuran menghilang, warna sayuran menjadi tidak indah dipandang, dan teksturnya menjadi lembek. Selain itu, memasak sayur dengan cara merebusnya hingga lunak akan membuat sayuran jadi mudah berair.

Saat merebus sayuran, sebaiknya angkat dan tiriskan ketika sayuran sudah mulai berubah warna. Rendam sayuran tersebut ke dalam air es agar proses pemasakan yang terjadi berhenti. Cara tersebut diberi nama blansir. Cara ini sangat ampuh membuat sayuran menjadi tetap renyah serta menjaga warnanya agar tetap cantik.

Menggunakan minyak yang salah

Di beberapa resep pasti kamu melihat ada yang menggunakan minyak kelapa, ada pula yang menggunakan minyak sayur, apakah akan berbeda hasilnya? Tiap jenis minyak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang bagus digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Ada pula yang bagus digunakan untuk suhu sedang. Jadi, jawabannya adalah iya, setiap minyak harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Menggunakan talenan yang sama untuk memotong daging dan sayuran

Talenan bisa menjadi media penghantar antarzat makanan. Jika kamu habis menggunakannya untuk memotong daging sapi, ikan, atau bahan daging lainnya, sebaiknya cuci terlebih dahulu talenan serta pisau yang akan digunakan. Talenan dan pisau tersebut akan menyebabkan terjadinya kontaminasi jika tidak dicuci secara bersih.

Mencairkan daging beku di luar kulkas

Jika kamu sering meletakkan daging beku di luar kulkas dengan tujuan untuk mencairkannya, itu adalah cara yang salah. Seharusnya, kamu memindahkan daging beku dari freezer ke rak kulkas bagian bawah untuk mencairkannya. Mencairkan makanan pada suhu ruang dapat menyebabkan bakteri menjadi lebih mudah berkembang biak.

idulfitri

Hal-hal yang Dirindukan Saat Perayaan IdulFitri

bioskop drive-in

Bioskop Drive-In Jakarta Akan Segera Hadir