in

Kesalahan Saat Menjemur Pakaian Ini Jarang Disadari

kesalahan saat menjemur pakaian
Foto: Pexels

Ngobrolin.id — Tahukah kamu? Saat ini masih banyak orang yang salah saat menjemur pakaian sehingga membuat warna pakaian cepat pudar atau bahannya melar. Kesalahan saat menjemur pakaian ini memang seringkali tidak kita sadari. Oleh karena itu, ayo hindari lima kesalahan umum saat menjemur pakaian seperti berikut.

  1. Menjemur pakaian dalam dengan kondisi terbalik

Kebanyakan orang akan mencuci dalam kondisi pakaian yang terbalik dan menjemur pakaian tersebut dalam kondisi yang sama pula. Untuk pakaian biasa, menjemur seperti ini memang bisa mencegah pemudaran warna.

Lain hal dengan pakaian dalam, debu dan kuman akan lebih mudah menempel dan malah akan memicu penyakit kulit, terutama bagi yang berkulit sensitif. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk menjemur pakaian dalam dengan kondisi seperti saat digunakan. Jika sudah kering, langsung lipat dan simpan di lemari pakaian.

  1. Menjemur pakaian biasa tanpa dibalik

Tadi sudah disampaikan kalau menjemur pakaian biasa harus dalam kondisi terbalik, yakni bagian dalam di luar dan bagian luar di dalam. Cara ini bisa memperlambat pemudaran warna dan sablon pada pakaian, apalagi ketika matahari sedang bersinar terik.

Sayangnya, ada beberapa orang yang malas membalik pakaiannya dan menjemurnya begitu saja. Untuk kamu yang merasa warna pakaiannya cepat pudar, ayo perbaiki kesalahan saat menjemur pakaian karena belum tentu kesalahan terletak pada bahan pakaiannya.

  1. Tidak langsung menjemur setelah selesai mencuci

Ayo ngaku, siapa yang suka menunda menjemur pakaian seusai mesin cuci selesai beroperasi? Sangat disarankan ubah kebiasaan ini karena pakaian akan menjadi kusut dan bau apek akibat putaran mesin cuci yang sangat cepat ketika proses pengeringan pakaian.

Jika tidak segera dijemur, udara panas akan terkumpul di dalam mesin cuci dan pakaian akan menjadi lembap lagi. Kalau sudah mendengar bunyi timer menandakan mesin cuci sudah selesai mencuci, langsung dijemur dan rapikan sebisa mungkin serat-serat pakaian yang kusut.

  1. Tidak memperhatikan panasnya matahari

Sinar matahari yang terik memang dibutuhkan supaya proses menjemur pakaian berlangsung cepat. Namun, jika terlalu panas, bahan pakaian tertentu akan mudah mengeras, warna pakaian menjadi cepat pudar, bagian sablon juga berpeluang untuk mengelupas dengan mudah. Sebaiknya, carilah tempat menjemur pakaian yang agak teduh seperti di bawah naungan pohon di halaman rumah atau di loteng yang beratapkan asbes bening.

  1. Menjemur pakaian berbahan melar menggunakan gantungan

Menjemur pakaian berbahan melar seperti sweater memang membutuhkan waktu lama dan beberapa orang menjemurnya seperti pakaian biasa dengan cara digantung pada gantungan baju atau dijepit di tali jemuran. Kesalahan cara menjemur pakaian seperti ini akan membuat jenis pakaian tersebut melar pada bagian bahu dan bagian bawah.

Cara yang paling tepat untuk menjemur pakaian berbahan melar adalah dengan memasukkannya dengan kondisi dilipat ke dalam jaring laundry. Air bisa menetes keluar dan serat pakaian akan tetap terjaga. Jika tidak ada jaring laundry, gunakan jemuran handuk dan lebarkan jenis pakaian ini pada tiang-tiangnya.

pendiri komunitas Stand Up Indo

Yuk Kenalan Sama Pendiri Komunitas Stand Up Indo

peran micellar water

Benarkan Peran Micellar Water Bisa Gantikan Pembersih Wajah?