in

Ketahui Bahaya Merokok Bagi Tubuh

Zat yang berbahaya bisa membawa petaka

bahaya merokok
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Merokok merugikan kesehatan, baik diri sendiri maupun orang di sekeliling perokok. Hal tersebut sepertinya sudah cukup lumrah diketahui. Sayangnya, belum banyak orang yang sadar untuk menerapkannya. Padahal, berbagai bahaya merokok mengintai tubuh. Yuk, kenali apa saja bentuknya.

Fertilitas

Banyak diperingatkan di sampul rokok, masalah fertilitas atau kesuburuan menjadi cukup fatal bagi perkokok. Merokok bisa meningkatkan risiko impotensi, kerusakan sperma, mengurangi jumlah sperma, dan kanker testis.

Masalah gigi dan mulut

Walaupun bukan masalah yang kronis, bau mulut dan kerusakan gigi bisa menurunkan kepercayadirian seseorang. Perokok memiliki risiko mengidap penyakit gigi dan kerusakan indra perasa.

Penuaan dini

Ketika merokok, jumlah oksigen yang bisa terangkut ke kulit pun menurun karena tergantikan oleh karbon monoksida. Akibatnya, kulit kekurangan oksigen dan menjadi lebih kusam dan abu-abu. Dampaknya, seorang perokok biasanya akan tampak lebih tua daripada usia yang sesungguhnya.

Penyakit paru-paru

Salah satu penyakit berbahaya yang mengintai para perokok adalah penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Gejala awalnya adalah seseorang sulit bernapas.

Serangan jantung

Serangan jantung bisa terjadi ketika karbon monoksida menggantikan posisi oksigen dalam darah. Oksigen pun tidak bisa terangkut oleh darah. Dampak jangka panjang yang bisa terjadi adalah kolesterol jahat mengendap dalam dinding arteri sehingga meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 bisa dibilang membuka gerbang komplikasi penyakit lainnya. Beberapa penyakit lanjutan yang dialami oleh penderita diabetes tipe 2 adalah tersumbatnya aliran darah menuju kaki. Berbagai komplikasi penyakit lain juga mengintai para perokok yang sudah terkena diabetes tipe 2.

Kanker

Merokok menjadi penyebab utama tingginya kasus kanker paru-paru di seluruh dunia. Kanker ini sendiri sangat sulit untuk diobati. Seseorang dapat terkena kanker dari rokok karena adanya dua zat berbahaya, dari puluhan zat berbahaya lainnya, yakni tar dan nikotin. Selain perokok aktif, perokok pasif pun rawan terkena kanker akibat menghirup asap rokok.

Selain itu, merokok juga memicu meningkatnya risiko kanker paru-paru sebesar 2,8 kali, kanker esofagus sebesar 4,3 kali, dan kanker lambung sebesar 2,4 kali ketimbang nonperokok.

penyebab kanker paru-paru

Kenali Berbagai Penyebab Kanker Paru-paru

gejala kanker paru-paru

Pahami Beberapa Gejala Kanker Paru-paru