in ,

Ketahui Online Shop Penipu dengan Cara Ini

Hati-hati, ya! semakin banyak oknum penipu yang pinter, lho!

online shop penipu
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Semakin mudahnya berbelanja online malah memunculkan oknum-oknum yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menipu. Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk membeli barang, sebaiknya cek dulu apakah penjual online itu termasuk online shop penipu atau bukan.

Sebenarnya, saat ini para penipu bisa dibilang lebih up to date karena mengetahui cara-cara terbaru untuk menipu dengan teknologi dibandingkan para pembeli. Tak heran, semakin banyak motif penipuan yang bisa dilakukan oleh olshop penipu. Namun, kamu masih bisa meminimalisir risiko tersebut dengan mengidentifikasi akun olshop penipu yang biasanya ditemukan di media sosial Instagram.

Profil

Perhatikan profil akun olshop tersebut. Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah buka profil, klik simbol tiga titik di atas kanan. Pilih opsi ‘tentang akun ini’. Nantinya, kamu akan ditampilkan info mengenai akun tersebut sudah mengganti berapa kali nama akunnya. Kamu patut waspada jika akun tersebut sering banget ganti username.

online shop penipu
foto: unsplash

Followers

Followers banyak gak menjamin itu adalah olshop baik. Sudah banyak bersliweran jual beli followers. Untuk memastikannya, kalau kamu gabut bisa cek isi followers-nya. Jika isinya akun-akun gak jelas, bisa jadi olshop kurang bisa dipercaya.

Kolom komentar

Olshop yang benar tidak pernah menutup kolom komentar. Mereka pasti butuh feedback dari para pelanggan atau seseorang yang mulai tertarik dengan produknya pada kolom komentar. Kalau ada olshop yang membatasi fitur komen, kamu patut waspada. Kalau memang benar-benar menjual kok malah takut sama komentar.

Kolom Tag

Olshop penipu biasanya tidak mengaktifkan kolom tag atau memang tidak ada yang nge-tag. Ya, orang penipu gak jual apa-apa, jadi, mana ada pembeli yang dapat barangnya.

Cek rekening

Jika kamu masih belum menemukan indikasi olshop itu penipu tapi kamu masih ragu, kamu bisa mengecek rekening yang digunakan oleh penipu dalam website kredibel.com. Website tersebut dibuat untuk mendeteksi rekening yang biasa digunakan untuk menipu dengan bantuan masyarakat yang sudah tertipu oleh online shop penipu.

online shop penipu
foto: pixabay

Mereka yang tertipu bisa mendaftarkan nomor rekening penipu di kredibel.com agar nomor rekening tersebut masuk blacklist. Kamu juga bisa melakukan hal ini jika tertipu. Tentunya, harus log in akun kamu di kredibel dulu, ya.

berteduh di bawah flyover

Awas! Pengendara Motor yang Berteduh di Bawah Flyover akan Didenda

haid sering marah

Ini Alasannya Wanita yang Sedang Haid Sering Marah