in ,

Ketakutan yang Sering Dialami Saat Memasuki Umur 20 Tahun

memasuki umur 20 tahun
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Terkadang, ada beberapa orang yang kurang siap menghadapi umur kepala dua, seperti 20 tahun ke atas. Pada usia tersebut juga rentan terjadi quarter life crisis yang bisa membuat hati gelisah tak menentu. Berikut ini beberapa ketakutan yang kerap dialami oleh seseorang saat memasuki umur 20 tahun ke atas atau memasuki fase dewasa.

Takut kesepian

Semakin dewasa, lingkaran pertemanan akan semakin mengecil. Entah itu karena teman-teman sudah sibuk dengan pendidikannya, kariernya, bisnisnya, atau sibuk dengan keluarga kecilnya. Terkadang, rasa takut kesepian itu semakin menguat saat kamu sedang sendirian, tidak memiliki pasangan. Rasa kesepian itu bisa berbahaya jika kamu biarkan berlarut-larut.

Sebenarnya, kesepian itu wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Kamu juga harus sadar meskipun teman-teman main kamu sudah tidak bisa bersama, kamu masih punya keluarga atau teman lain di kehidupanmu saat ini. Jangan biarkan rasa kesepian itu terus menghantui kamu sampai kamu malas untuk beraktivitas.

Takut gak punya uang

Semakin dewasa kamu memang harus mandiri, menghasilkan uang sendiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup. Ada perasaan enggan yang menyelinap untuk meminta uang lagi ke orangtua ketika kondisi keuangan sedang tidak baik. Sebenarnya, rasa takut ini bisa jadi motivasi kamu untuk terus berkembang pada karier atau bisnis yang sedang kamu rintis.

Rasa takut tersebut jangan hanya dirasakan, tetapi juga perlu diatasi. Salah satunya dengan mempelajari manajemen keuangan pribadi yang baik dan tidak boros. Belajar menahan keinginan untuk masa depan yang lebih baik.

Takut gagal

Takut gagal sebenarnya bisa dirasakan oleh siapa saja di seluruh jenjang umur. Namun, rasa takut gagal semakin membesar saat kamu sudah dewasa dan mulai mengetahui kehidupan lebih dekat. Kegagalan sering menimbulkan banyak hal negatif, seperti rasa kecewa, merasa tak berharga, dan pesimis.

Kata motivator, setiap orang punya jatah gagalnya masing-masing, yang berarti semua orang pasti pernah gagal. Jadi, jangan pernah putus asa memang kalimat yang klise tapi benar. Kamu gak boleh menyerah karena pasti ada jalan ketika kamu berusaha untuk memperbaikinya.

 

bendera Indonesia dan Monako

Sama-sama Merah Putih, Ini Dia Perbedaan antara Bendera Indonesia dan Monako

tes sinonim antonim

Tips Menghadapi Tes Verbal Sinonim Antonim