in ,

Kiat Mendapatkan Uang dari Podcast

podcast lucu
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Saat ini podcast sudah mulai dilirik oleh banyak orang karena sangat mudah dinikmati dan bisa didengarkan di mana saja. Pada awalnya, podcast dikenal tidak bisa memberikan banyak pendapatan seperti video-video di YouTube. Namun, saat ini sebenarnya podcaster (pembuat podcast) bisa mendapatkan uang dari podcast, lho!

Penasaran bagaimana caranya mendapatkan uang dari podcast? Simak ulasan di bawah ini!

Monetisasi pada anchor

Anchor merupakan podcast hosting gratis yang dapat digunakan oleh siapa pun, termasuk kamu. Kamu dapat memonetisasi podcast yang dibuat di Anchor dengan cara masuk ke menu setting, kemudian siapkan slot iklan pada episode podcast kamu. Nantinya, Anchor akan memilihkan iklan secara otomatis yang cocok untuk episode podcast kamu.

Iklan

Setelah podcast sudah dimonetisasi, kamu bisa bekerja sama dengan brand atau perusahaan untuk memasang iklan di podcast kamu. Bentuk iklan yang bisa tayang pada podcast, antara lain adlib, spot, sponsored, dan business exposed.

Konten eksklusif

Konten eksklusif merupakan bentuk kerja sama antara podcaster dengan platform audio streaming seperti Spotify, Apple Podcast, Google Podcast, dan Noice. Dengan begitu konten podcaster tersebut hanya bisa dinikmati pada platform audio streaming tersebut.

Biasanya, Spotify akan memilih podcaster yang sudah berpotensial, seperti memiliki banyak pendengar setia. Misalnya, Podcastery yang dibuat oleh tim Jurnalrisa atau Podcast KinosGina yang dibuat oleh Nycta Gina dan Rizki Kinos.

Podcaster yang sudah bekerja sama dengan Spotify biasanya akan menyebutkan pada opening podcast-nya bahwa kontennya eksklusif dan hanya bisa dinikmati di Spotify. Selain itu, kamu juga bisa melihat kata-kata A Spotify Exclusive pada cover podcast mereka.

Akun premium atau berlangganan

Podcaster bisa mendapatkan keuntungan dengan menyajikan konten khusus yang hanya bisa dinikmati oleh pendengar yang sudah berlangganan. Tentunya untuk mendapatkan loyalitas pendengar, kamu perlu menyajikan konten podcast yang berkualitas dan diunggah secara rutin. Tidak perlu terlalu cepat, yang penting kamu punya konten dalam kurun waktu yang ideal, seperti seminggu sekali atau dua minggu sekali.

film Indonesia tentang cinta

Rekomendasi Film Indonesia tentang Cinta yang Tidak Biasa

sertifikat vaksin dan PCR

Cegah Sertifikat Vaksin dan PCR Palsu, Pemerintah Bakal Terapkan Sertifikat Digital