in

Kiat Sukses Memulai Bisnis Kafe untuk Milenial

bisnis yang sedang digandrungi

bisnis kafe
foto: pexels

Ngobrolin.id — Saat ini bisnis food and beverage sedang menjamur di Indonesia, khususnya di kota-kota besar. Hal ini karena gaya hidup masyarakat yang semakin berubah. Jika dulu minum kopi hanya identik dengan bapak-bapak, kini hampir semua kalangan sudah mengonsumsinya dengan berbagai macam varian. Terlebih lagi, sudah banyak inovasi yang diciptakan dalam bidang ini. Memulai bisnis kafe sebenarnya tidak terlalu rumit, juga tidak mudah. Kamu harus punya perencanaan yang matang.

Jika terlalu njelimet mempelajari ilmu bisnis bagaimana caranya membuka suatu usaha baru, kamu bisa mempelajarinya langsung kepada pengusaha yang sudah berhasil membuka suatu usaha di bidang yang kamu tuju. Gali ilmu dari mereka sebanyak-banyaknya dan ketika dirasa kamu sudah sangat memahaminya, cobalah dengan langkah kecil namun bisa berdampak besar. Ini artinya, langkah kecil tersebut sudah kamu ukur dan persiapkan dengan matang.

Salah satu pebisnis yang sudah sukses di bidang kuliner ini adalah Dody Samsura, barista yang sudah memenangkan beberapa kejuaraan intenasional, penulis buku, dan kini mengurus kedai kopi Reinettid, serta menjadi konsultan bisnis kafe kopi.

Sederet prestasi yang pernah diraih oleh Doddy Samsura adalah juara 1 Indonesian Barista Champion (2011 dan 2013), Juara 2 FBC Singapore (2012), dan Perwakilan Indonesia dalam World Barista Champion Melbourne Australia (2013).

Menurut Doddy, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi sehingga Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas dengan harga terjangkau. Karena kopi yang didapat berasal dari produksi dalam negeri, stabilitas produksi lebih bisa terjaga. Ini hal yang sangat penting untuk mempertimbangkan bahan baku yang akan kamu gunakan dalam usaha kuliner. Kualitas, harga, dan kontinuitas menjadi kunci utama lancarnya usaha kamu.

Pahami budaya yang berkembang di daerah tersebut. Doddy mengatakan, dulunya kopi hanya sebatas budaya bapak-bapak, tapi sekarang, seluruh kalangan sudah menikmatinya. Ini artinya, peluang usaha kopi semakin besar.

Budaya juga akan berpengaruh terhadap pola hidup. Misalkan di daerah kamu banyak mahasiswa-mahasiswi yang senang mengerjakan tugas di kafe, hal tersebut bisa menjadi peluang. Atau, saat teman-teman kuliah kamu lebih senang belanja makanan secara online delivery, kamu bisa menyediakan jasa antar makanan.

Saat ingin memulai bisnis kafe, kamu harus memulainya dengan serius, harus di­-manage dengan baik, dijalankan dengan baik, dan ditata dengan baik. Doddy juga menyampaikan trik jitu untuk menyiapkan modal, yakni menggunakan modal dengan terbatas. Memulai usaha dengan modal yang tidak terbatas juga kurang baik buat usaha kamu. Kamu bisa saksikan video wawancara Doddy Samsura lebih lengkap di kanal YouTube Ngobrolin.id.

rekomendasi podcast bagus

Rekomendasi Podcast Bagus, Banyak Pelajaran yang Bisa Kamu Ambil

belanja sayur online

Lebih Mudah Belanja Sayur Online Lewat Handphone