in

Kini Sudah Bisa Difoto, Apa Itu Blackhole?

apa itu blackhole
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Baru-baru ini, foto blackhole banyak beredar di internet. Bukan editan, foto tersebut merupakan lingkaran hitam yang dikelilingi cahaya berbentuk cincin. Lubang hitam tersebut berada 55 juta tahun cahaya dari bumi. Sebenarnya, apa itu blackhole atau lubang hitam?

Blackhole adalah ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat. Saking kuatnya gaya gravitasi tersebut, cahaya tidak bisa kabur. Objek ini disebut ‘hitam’ karena menyerap apa pun yang berada di sekitarnya.

bentuk blackhole sebenarnya
Foto: Harvard University

Teori lubang hitam oleh John Michell dan Pierre Simon Laplace pertama kali diperkenalkan pada abad ke-18. Astronom Jerman bernama Karl Schwarzschild mengembangkannya berdasarkan teori relativitas umum yang dikemukakan Albert Einstein. Teori keberadaan blackhole ini semakin populer ketika disampaikan oleh Stephen William Hawking.

Lubang hitam dapat terbentuk ketika tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Suatu bintang akan kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi. Dengan begitu, tingkat radiasi bintang akan melemah dibandingkan gaya gravitasinya.

Bintang tersebut akan mengalami ledakan supernova. Salah satu akibat yang bisa timbul dari ledakan ini adalah kemunculan lubang hitam. Suatu saat, lubang hitam akan mati melalui proses radiasi Hawking. Radiasi Hawking memungkinkan lubang hitam terus mengecil dan mengalami ledakan super besar.

Keberadaan blackhole terbagi menjadi dua, yaitu lubang hitam biasa dan lubang hitam supermasif. Jenis yang kedua seringkali ada dan menjadi pusat suatu galaksi. Ukuran lubang hitam pun sangat beragam.

Lubang hitam supermasif adalah jenis lubang hitam yang terbesar. Massa lubang hitam ini diperkirakan bisa miliaran kali massa matahari, lho. Di pusat galaksi Bimasakti sendiri diperkirakan terdapat lubang hitam supermasif Sagitarius A.

Tak cuma galaksi yang kita tinggali. Galaksi tetangga yang bernama Adromeda (M31) juga memiliki sebuah lubang hitam supermasif di pusatnya. Diperkirakan, masa lubang hitam di galaksi Andromeda ini mencapai ratusan juta kali massa matahari. Massa ini tentu saja jauh lebih besar daripada lubang hitam inti galaksi Bimasakti.

Sampai sekarang, tidak ada satu orang pun yang tahu ada apa di dalam lubang hitam. Hal ini karena bahkan secara teori, tidak ada yang bisa kembali ketika sudah masuk ke lubang hitam. Meskipun demikian, para fisikawan meyakini bahwa di dalam lubang hitam tersebut terdapat ruang waktu yang disebut singularitas.

Blackhole juga sangat mungkin untuk bisa bertabrakan. Ketika keduanya bergabung, beberapa massa dari blackhole akan berubah menajdi energi gelombang gravitasi.

bentuk blackhole sebenarnya

Wow! Ini Penampakan Blackhole Pertama dalam Sejarah Manusia!

video games

Benarkah Video Games Bisa Bantu Kita Menemukan Bakat?