in

Kisah Lampor yang Belakangan Viral di TikTok

lampor
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Ada banyak mitos di Indonesia yang dipercaya oleh masyarakat, bahkan hingga sekarang ketika zaman sudah semakin modern dan perkembangan teknologi semakin maju. Belakangan muncul salah satu mitos yang sangat terkenal di Indonesia, yakni lampor atau keranda terbang. Mitos tersebut populer karena ada salah satu pengguna TikTok yang mengunggah video rekaman penampakan lampor belum lama ini.

Masyarakat percaya lampor dapat membawa marabahaya pada siapa saja yang dilewatinya. Keranda terbang ini dipercaya merupakan iblis yang datang bersama keranda pada malam hari ke suatu tempat.

Masyarakat di Jawa Timur melarang anak-anak mereka keluar rumah saat menjelang magrib karena pada waktu tersebut lampor sering keluar. Apabila ada warga yang nekat keluar, warga tersebut bisa hilang dibawa keranda terbang dan tidak akan kembali. Apabila kembali, mereka akan pulang dalam keadaan linglung.

Masyarakat di Pulau Jawa percaya kedatangan keranda terbang itu bisa menyebabkan seseorang sakit dan mati. Orang Jawa asli bilang begoblok datangnya penyakit secara tiba-tiba.

Ada banyak versi cerita dari lampor. Ada sebagian masyarakat Jawa yang percaya, keranda terbang merupakan anggota pasukan gaib Nyi Blorong. Kehadirannya akan ditandai dengan angin kencang yang berasal dari Laut Selatan.

Masyarakat mempercayai jika menyalakan api obor pada malam hari bisa mengusir keranda terbang dari rumahnya. Hingga saat ini masih banyak warga yang khawatir rumahnya didatangi oleh keranda terbang tak bertuan ini.

Video lampor yang sempat viral diketahui berasal dari Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Hingga saat ini belum ada pihak yang berhasil mengecek kebenaran video tersebut.

Namun, terlepas dari benar atau tidaknya video, lampor sudah menjadi salah satu mitos yang dipercaya oleh sebagian masyarakat di Pulau Jawa. Bahkan, eksistensi mitos ini sudah diangkat ke layar lebar dengan judul Lampor.

mengiris bawang

Biar Gak Nangis Bombay, Begini Cara Mengiris Bawang Tanpa Membuat Mata Perih

mi dingin

Penasaran dengan Sosok Mi Dingin? Simak Faktanya di Sini!