in

Kita Sedang Merusak Bumi Kalau Melakukan Ini

Yuk kurangi mulai sekarang juga

merusak bumi
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Setiap harinya, manusia melakukan banyak aktivitas untuk menunjang kebutuhannya. Aktivitas ini pasti berdampak pada lingkungan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tanpa kita sadari, kita sedang merusak bumi dengan cara ini. Yuk, mulai menyayangi bumi dengan berhenti atau meminimalkan kegiatan-kegiatan berikut.

Tidak bisa dimungkiri bahwa penggunaan plastik sudah sangat luas dan merambah hampir seluruh sektor kehidupan. Berbelanja barang dengan kantong plastik sebagai wadahnya, mengonsumsi makanan dan minuman dengan bungkus dari plastik, dan masih banyak lagi.

Padahal seperti yang kita ketahui, plastik merupakan bahan anorganik yang sangat sulit diurai kembali oleh alam. Butuh waktu hingga 1.000 tahun untuk membuat plastik dapat terurai dengan lingkungan. Itu belum termasuk kemasan plastik yang terbuat dari bahan tidak ramah lingkungan lain seperti styrofoam.

Sebagai gantinya, kita bisa melakukan pencegahan dengan meminimalkan penggunaan plastik. Yuk, gunakan kantong belanja yang dapat digunakan berulang kali atau reusable bag. Gunakan pula tempat makan dan tempat minum yang dapat digunakan kembali.

Aktivitas berikutnya yang tanpa kita sadari dapat merusak bumi adalah menyisakan makanan dan tidak menghabiskannya. Padahal, hingga makanan tersebut disajikan, bahan pangan yang diolah membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.

Menurut Food and Agriculture Organization United Nation (FAO), sepertiga makanan yang ada di dunia ini hanya berakhir sebagai limbah. Padahal, masih banyak manusia lain di berbagai belahan dunia yang membutuhkan makanan layak.

Merusak bumi juga dilakukan oleh manusia dengan membuang sampah dan limbah secara tidak benar. Salah satunya adalah sampah elektronik yang juga sulit diurai alam. Baterai, kabel, gawai bekas, dan sejenisnya tidak dapat diurai oleh alam dengan sendirinya.

Jika ingin membuang benda-benda ini, sebaiknya lakukan di tempat pengolahan limbah elektronik. Di Indonesia, tempat pembuangan ini memang belum tersedia. Sebaiknya, pisahkan saat ingin membuangnya dari jenis sampah lainnya, ya.

Terakhir, kita juga bisa membantu mengurangi merusak bumi dengan menghindari penggunaan plastik microbeads. Plastik yang sangat kecil ini berukuran 5 mikrometer hingga 1 milimeter saja. Biasanya, plastik microbeads digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk kecantikan seperti face wash, face scrub, dan body scrub.

langkah menyampaikan pendapat

Langkah Tepat Sampaikan Pendapat Saat Rapat

menghilangkan daki

Tips Hilangkan Daki Tubuh dengan Mudah