in ,

Komik Avengers-nya Indonesia, Ini Superhero Lokal Kita!

Kekuatan supernya pun macam-macam.

superhero lokal
Foto: instagram

Ngobrolin.id — Dunia perfilman sedang dilanda demam superhero Avengers. Lebih dari satu dekade berkarya, Avengers: End Game digadang-gadang akan menjadi film superhero terlama yang pernah dibuat. Padahal, di Indonesia, sudah lama dikenal beberapa superhero lokal yang nggak kalah kerennya dari The Avengers. Siapa saja mereka?

Gundala Putera Petir

Sudah pernah dengar nama Gundala? Sosoknya digambarkan sebagai manusia petir. Ia mendapat kekuatan super setelah tersambar oleh petir. Ia pun bisa memancarkan petir dari tangannya. Nama asli Gundala adalah Sancaka, seorang ilmuwan biasa yang terlalu sibuk bekerja hingga melupakan hari ulang tahun kekasihnya.

Komik Gundala Putera Petir dibuat oleh Harya Suraminata (Hasmi). Komik tersebut diterbitkan pada 1969. Pada 1981, kisah superhero ini diangkat ke layar lebar. Setelah 38 tahun berlalu, tahun ini (2019) film Gundala kembali akan ditayangkan. Nggak main-main, Gundala diperankan langsung oleh aktor muda berbakat Indonesia, Abimana Aryasatya.

Caroq

Punya keahlian bela diri yang mumpuni membuat superhero yang satu ini jadi sakti. Belum lagi ia bisa mengeluarkan beberapa trik magis yang membantunya melawan penjahat. Ialah Caroq, seorang superhero bernama asli Ongko. Sosok Caroq dikisahkan oleh komikus Ahmad Thoriq dalam komik superhero berjudul Caroq.

Godam Manusia Besi

Tokoh Godam yang sangat kuat dibuat oleh Widodo Noor Slamet. Godam diperkenalkan pada 1969 lewat komik berjudul Memburu Doktor Setan. Ia sendiri merupakan superhero yang sakti mandra guna. Kekuatan Godam antara lain kuat, kebal terhadap serangan, dan bisa terbang.

Aquanus

Selain Godam, Aquanus juga salah satu jagoan yang diperkenalkan Widodo NS. Aquanus memiliki nama asli, Dhanus. Karena kemampuannya bernapas di dalam air, ia dijuluki Aquanus, di mana arti kata aqua adalah air. Selain itu, Aquanus juga punya kekuatan untuk mengeluarkan sinar yang bisa menghancurkan apa pun.

Sembrani

Sembrani digambarkan sebagai superhero dengan berbagai kekuatan super. Ia bisa menetralisir medan magnet, listrik, dan zat beracun. Di satu sisi, ia juga punya kemampuan terbang. Tokoh ini sendiri diperkenalkan oleh Hasmi pada 1974 dalam komik Gundala: 1.000 Pendekar.

Merpati

Indonesia juga punya superhero perempuan. Namanya Merpati, dan nama aslinya adalah Sedhah. Ia merupakan istri dari Gundala Putera Petir. Diceritakan kekuatannya berasal dari ramuan ajaib yang diberikan oleh Ratu Merpati.

Jagoan yang satu ini memiliki kemampuan bisa terbang dan mendeteksi arah. Ia juga punya kemampuan bela diri yang sangat baik.

Maza

Badan kekar dan berwarna hijau, apakah sudah cukup mengingatkanmu pada sosok Hulk? Maza merupakan salah satu karakter yang juga dibuat oleh komikus ternama Indonesia, Hasmi. Karakter komik ini dikisahkan punya kekuatan yang sangat kuat dan memiliki dua pisau belati yang bisa mengeluarkan jin bernama Jin Kartubi!

lagu Earth oleh Lil Dicky

‘Earth’, dari Penyanyi Dunia untuk Bumi

Tuberkulosis atau TBC

Mengenal Tuberkulosis yang Mematikan