in

Komunitas Hidroponik Bogor Raya, Komunitas Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman Hidroponik

komunitas hidroponik
foto: Ngobrolin

Ngobrolin.id — Hidroponik menjadi salah satu model bertanam yang sering digunakan oleh masyarakat perkotaan. Hal tersebut karena hidroponik cocok diterapkan pada lahan yang terbatas. Saat ini ada banyak komunitas yang terbentuk dari kegiatan bertanam hidroponik, salah satunya adalah Komunitas Hidroponik Bogor Raya atau Kohibora.

Uniknya, komunitas ini diisi sebagian besar oleh pensiunan dari berbagai profesi serta mahasiswa dan pekerja dengan latar belakang yang sangat bervariasi. Mereka berkumpul dalam Komunitas Hidroponik Bogor Raya untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar hidroponik.

Berkat keteguhan komunitas hidroponik ini, instansi pemerintah tertarik bekerja sama dengan Kohibora seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kohibora sempat diberikan kepercayaan untuk membina masyarakat penjaga hutan untuk bisa bertanam hidroponik.

Komunitas ini diketuai oleh Hanny Nabila yang merupakan pensiunan. Hanny sendiri sudah merasakan nikmat dari kegiatan berbagi yang dilakukan oleh Kohibora. Selanjutnya, Hanny mengajak rekan-rekan sejawatnya untuk bergabung dalam komunitas ini sehingga Kohibora bisa menjadi seperti saat ini.

Kohibora berdiri sejak Desember 2017, kini anggota komunitas tersebut sudah berjumlah lebih dari 300 anggota. Meskipun banyak anggotanya yang merupakan pensiunan, mereka tetap memiliki semangat yang tinggi untuk mengembangkan sistem pertanian hidroponik di Indonesia.

Kohibora kerap memberikan pelatihan kepada ibu-ibu yang tergabung di dalam KWT agar terampil dalam bertanam. Komunitas ini juga sering memberikan bantuan berupa bibit tanam serta pelatihan gratis kepada masyarakat menengah ke bawah sehingga mereka bisa menghasilkan panen dan bisa dijual sebagai pemasukan tambahan.

Komunitas hidroponik ini menjadi bukti jika bertanam hidroponik bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu pun bisa mulai bertanam secara hidroponik sendiri di rumah.

Hidroponik pada dasarnya merupakan sistem bertanam yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanam. Model bertanam ini bisa dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa digunakan di lahan sempit dengan hasil panen yang optimal.

Untuk satu instalasi hidroponik yang dijual di toko-toko pertanian memang terbilang cukup mahal. Namun tenang, jangan khawatir! Kamu bisa membuat instalasi hidroponik sederhana dari barang-barang bekas, kok.

nabung atau investasi

Persiapan Masa Depan, Bagus Nabung atau Investasi?

lontong sayur

Ragam Menu Lontong Sayur yang Wajib Kamu Coba