in ,

Kontroversi Kalung Antivirus Corona Kementan

Pembahasan mengenai kalung antivirus corona

kalung antivirus corona
foto: pertanian.go.id

Ngobrolin.id — Saat ini semua negara sedang berusaha untuk menemukan antivirus atau vaksin untuk mencegah penularan virus corona. Di Indonesia, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian merilis hasil temuan antivirus berbahan dasar eucalyptus atau kayu putih. Kementan pun berinisiatif untuk mengubahnya menjadi kalung antivirus agar mudah digunakan. Namun, hal ini menuai kontroversi di masyarakat.

Penggunaan kalung antivirus corona berbahan eucalyptus ini menuai pro dan kontra. Minyak kayu putih sendiri memang sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati beberapa macam penyakit termasuk influenza. Namun, perilisan kalung antivirus membuat khawatir sebagian pihak karena dikhawatirkan masyarakat menjadi lengah karena merasa sudah memiliki antivirus dengan hanya mengenakan kalung dari eucalyptus.

Kepala Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian, Fadjry Djufry dilansir dari kompas.com mengatakan perilisan kalung antivirus merupakan bagian dari usaha yang tengah dilakukan oleh pemerintah untuk menghentikan penularan.

“Ini bukan obat oral, ini bukan vaksin, tapi kita sudah lakuan uji efektivitas, secara laboratorium secara ilmiah bisa kita buktikan. Paling tidak, ini bagian dari upaya kita. Minyak eucalyptus ini juga sudah turun menurun digunakan orang dan sampai sekarang tida ada masalah. Sudah puluhan tahun lalu orang mengenal eucalyptus atau minyak kayu putih, meskipun berbeda sebenarnya, tetapi masih satu famili hanya beda genus di taksonomi,” jelas Fajdry dalam keterangan tertulisnya.

Saat ini, kalung antivirus buatan Balitbangtan sudah memiliki hak paten dan Kementan sudah menggandeng PT Eagle Indo Pharma untuk produksi lebih lanjut.

Eucalyptus sendiri adalah minyak kayu putih yang sering kamu gunakan saat masuk angin atau sedang flu. Terkadang, sering digunakan sebagai pelumas saat kerokan dengan uang koin.

Herba ini bisa digunakan untuk melegakan saluran pernapasan, menghilangkan lendir, mengusir serangga, disinfektan luka, penghilang rasa nyeri, pengurang rasa mual, dan mencegah sakit mulut. Eucalyptus mengandung minyak atsiri yang bisa menjadi antivirus bagi virus avian influenza atau flu burung, gamma corona virus, dan beta corona virus.

Penemuan tersebut sudah diuji melalui uji molecular docking dan uji in vitro di Laboratorium Balitbangtan. Setelah hasil pengujian keluar, eucalyptus terbukti dapat membunuh 80—100 persen virus, mulai dari virus avian influenza hingga virus corona.

Salah satu pencegahan yang paling mutakhir untuk terhindar dari corona adalah menjaga kebersihan. Dengan begitu, jika nanti kamu sudah memiliki kalung ini harus tetap menjaga kebersihan dengan cara rajin cuci tangan, menggunakan masker, dan jaga jarak, ya!

 

berhenti beriklan di facebook

Daftar Perusahaan yang Berhenti BerIklan di Facebook

mengusir lalat

Sebal dengan Lalat di Rumah? Simak Cara Mengusir Lalat yang Efektif