in

Kopi Asli Indonesia yang Rasanya Mendunia

Beragam jenis kopi ini tak hanya punya cita rasa yang unik, lho.

jenis kopi asli Indonesia
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Tahukah kamu bahwa banyak jenis kopi asli Indonesia yang diminati bahkan hingga skala internasional? Sebagai negara penghasil kopi keempat di dunia, kopi asli Indonesia ternyata tak hanya dikenal karena kuantitasnya, tapi juga kualitas dan ragamnya.

Dari kopi aceh yang berasal dari provinsi paling barat Indonesia sampai kopi luwak yang sangat unik, kira-kira kopi mana nih yang paling kamu sukai?

Kopi Kintamani

Kopi kintamani populer di banyak negara. Rasanya unik dengan dominasi asam citrus segar serta aroma wangi bunga. Tingkat keasaman dan kekentalan kopi ini cenderung sedang. Rasa unik kopi kintamani dipengaruhi oleh kebiasaan petani lokal di Bali yang menanam jeruk dan sayur di lahan yang sama.

Kopi Flores Bajawa

Kopi ini berasal dari daerah Flores yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kopi flores bajawa merupakan jenis kopi arabika, lho. Hanya saja, tingkat keasamannya rendah. Rasa kopi ini cenderung dominan cokelat dan vanili. After taste yang dimiliki sedikit nutty.

Kopi Toraja

Banyak negara yang meminta ekspor langsung dari kopi toraja, lho. Berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan, kopi ini memiliki karakteristik rasa yang unik. Kopi toraja memiliki rasa dominan beri dan rempah. Rempahnya sendiri lebih dominan ke arah kayu manis dengan after tase rasa dark chocolate.

Kopi Luwak

Kopi luwak digadang-gadang menjadi kopi termahal di dunia. Satu kemasan kopi luwak dengan berat 450 gram bahkan bisa dibanderol hingga US$100, lho! Kopi ini sendiri diambil dari sisa kotoran luwak atau musang kelapa. Biji tersebut merupakan sisa pencernaan dari luwak yang mengonsumsi biji kopi utuh.

Kopi Gayo

Kopi asal daerah Aceh ini memiliki aroma yang harum dan gurih. Bahkan rasa kopi ini hampir tidak pahit dengan tingkat keasaman rendah. Rasa kopi ini sendiri memiliki sedikit sensasi rasa rempah.

Kopi Wamena

Kopi ini memiliki aroma yang ringan dan harum. Rasa kopinya pun ringan tanpa ampas. After taste kopi asal Papua ini tidak meninggalkan rasa asam di lidah setelah diminum. Kandungan kafeinnya juga rendah.

Kopi Lampung

Seperti namanya, kopi lampung berasal dari daerah Lampung. Kopi robusta ini memiliki cita rasa yang unik. Kopi ini memiliki rasa pahit dan agak asam. Kandungan kafeinnya juga tinggi cocok buat kamu yang hobi banget ngopi.

buku baru Harry Potter

Bersiaplah Potterhead, Buku Baru Harry Potter Segera Terbit

makanan khas Sumsel

Nggak Cuma Pempek, Ini Makanan Khas Sumsel Lainnya