in , ,

Kota Tua Akan Jadi Low Emission Zone, Kendaran Tidak Bisa Sembarang Lewat!

Wah jadi gak sabar untuk lihat wajah baru Kota Tua

low emission zone
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kota Tua merupakan salah satu destinasi ikonik Jakarta yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Di daerah tersebut kamu bisa merasakan nuansa Jakarta tempo dulu yang erat kaitannya dengan era kolonial. Kini, Dinas Perhubungan DKI Jakarta berencana akan menetapkan Kota Tua menjadi low emission zone atau kawasan rendah emisi.

Penetapan low emission zone menjadikan Kota Tua tidak bisa diakses sembarangan oleh kendaraan pribadi dan angkutan barang. Hal ini bertujuan menekan polusi udara yang disebabkan oleh emisi kendaraan bermotor.

Polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor dapat berakibat buruk terhadap kualitas udara dan kualitas bangunan cagar budaya di kawasan wisata Kota Tua.

Lokasi yang sudah ditetapkan sebagai low emission zone hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki yang menggunakan moda transportasi umum. Buat kamu yang bekerja di kawasan Kota Tua, pemerintah daerah menyediakan area parkir di kawasan Taman Kota Intan dan Pelataran Parkir Glodok. Selanjutnya, pekerja bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau menggunakan bus yang sudah tersedia.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan Kota Tua disarankan untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta commuter line atau bus Transjakarta. Jarak antara Stasiun Kota dan Kota Tua cukup dekat, kok! Kamu hanya perlu jalan kaki selama lima menit bisa langsung sampai. Kalau menggunakan bus Transjakarta, kamu turun di halte yang tidak begitu jauh dari kawasan wisata.

Kawasan rendah emisi hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki, pesepeda, angkutan umum, dan kendaraan yang sudah lulus uji emisi dan operasionalnya tidak bisa digantikan oleh angkutan umum.

Daerah yang masuk kawasan rendah emisi adalah Jalan Pintu Besar Utara, Jalan Kalibesar Barat, Jalan Kunir sisi selatan, Jalan Kemukus, Jalan Ketumbar, dan Jalan Lada. Nanti akan disediakan rambu-rambu lalu lintas yang bisa menjadi petunjuk bagi pengendara yang akan melintas kawasan tersebut.

Penetapan kawasan rendah emisi tersebut disambut baik oleh sebagian besar warga Jakarta. Mengingat kawasan Kota Tua sudah menjadi cagar budaya terkenal di Jakarta. Setiap hari banyak wisatawan yang mengunjungi daerah tersebut.

Jika penertiban tersebut berjalan baik, kawasan tersebut akan lebih tertata dan nyaman untuk dikunjungi. Mengingat kawasan tersebut sering menjadi titik kemacetan karena pejalan kaki yang ingin berkunjung dan kendaraan yang lalu lalang.

Namun, pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah DKI Jakarta terkait Kota Tua masih banyak. Di lokasi tersebut masih banyak ditemukan pengamen, pengemis, dan penipu yang kerap meresahkan pengunjung.

senayan park

Senayan Park, Destinasi Baru yang Lagi Digandrungi Warga Jakarta untuk Bertamasya

divaksin covid-19

Eits, Tidak Semua Orang Bisa Divaksin Covid-19