in

Kronologi Munculnya Petisi Hentikan Drama Snowdrop

drama snowdrop
foto: Koreaboo

Ngobrolin.id — Hingga saat ini drama Snowdrop yang masih dalam tahap produksi terus mendapatkan perhatian, bahkan jumlah petisi yang diajukan oleh masyarakat sudah mencapai lebih dari 200 ribu tanda tangan. Sesuai dengan aturan yang ada, jika jumlah petisi di website Blue House telah mencapai lebih dari 200.000 tanda tangan, petisi tersebut akan diproses Pemerintah Korea Selatan.

Awal mula kontroversi drama Snowdrop bermula dari keresahan warganet Korea Selatan yang merasa ada distorsi sejarah dalam alur cerita drama tersebut. Karakter utama pria yang diperankan oleh Jung Hae In diceritakan merupakan seorang mahasiswa dan ternyata dia adalah mata-mata yang sengaja menyusup ke dalam gerakan aktivis yang mayoritas diisi oleh para pelajar.

Korea Selatan pernah mengalami situasi politik yang mencekam pada 1980-an. Puncaknya terjadi pada 1987, saat gerakan prodemokrasi semakin kuat untuk melawan rezim otoriter. Bocoran sinopsis film tersebut dianggap warganet merendahkan gerakan prodemokrasi yang telah berjasa membuat Korea Selatan menjadi republik seperti saat ini.

Drama yang dibintangi oleh Ji Soo Blackpink ini memang belum merilis trailer secara resmi karena masih dalam tahap produksi. Namun, bocoran sinopsis film tersebut sudah tersebar ke segala penjuru Korea Selatan. JTBC selaku stasiun televisi yang memproduksi drama tersebut telah mengeluarkan pernyataan terkait petisi penolakan drama Snowdrop.

Mereka mengatakan bahwa bocoran sinopsis yang sudah tersebar di media sosial tidak lengkap sehingga menimbulkan spekulasi dari warganet yang kurang tepat. JTBC juga menegaskan drama yang tengah diproduksinya tidak ada unsur mengerdilkan gerakan prodemokrasi dan mengagungkan NSP.

JTBC mengklarifikasi bahwa latar cerita film tersebut diambil saat pemilihan presiden 1987. Snowdrop merupakan drama komedi satir yang menyindir kondisi pemilihan presiden kala itu dengan menampilkan kisah cinta sepasang anak muda yang menjadi korban kondisi.

Kontroversi lain yang tengah dipermasalahkan adalah penggunaan nama untuk karakter yang diperankan oleh Jisoo. Nama karakter tersebut dinilai hampir sama dengan tokoh asli yang berjuang pada masa itu. Akhirnya, pihak JTBC mengubah nama karakter tersebut.

Meskipun sudah menerima banyak petisi, drama Snowdrop rupanya tetap masuk daftar drama yang akan tayang pada 2021.

puasa di tengah pandemi

5 Manfaat Puasa di Tengah Pandemi

bibir kering

5 Tips Jitu Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa