in

Kuaci, Makanan Hamtaro yang Bermanfaat

kuaci, kecil-kecil cabe rawit

kuaci
foto: pixabay

Ngoborlin.id — Tidak semua orang bisa memakan kuaci karena males mengupas kulitnya yang besar, sedangkan buahnya kecil. Namun, banyak juga yang senang memakannya. Kuaci terkenal sebagai pakan dari Hamtaro, animasi hamster yang pernah booming pada awal 2000-an.

Dibalik bentuknya yang sangat mungil, kuaci memang sangat mengasyikan untuk dikonsumsi bersama keluarga atau teman saat berkumpul. Sekali mencobanya, kamu akan susah untuk berhenti mengonsumsinya. Meskipun kecil, kuaci sebenarnya memiliki banyak khasiat untuk tubuh yang tidak disadari.

Aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes

Para pakar menyarankan untuk penderita diabetes mengonsumsi kuaci karena rendah kolesterol dan makanan rendah GI (glycemic index). Biji bunga matahari ini mampu mengelola kadar diabetes dalam tubuh dan mencegah kadar gula darah meningkat.

Antikanker

Kecil-kecil cabai rawit, biji bunga matahari ternyata mampu menangkal penyebab kanker. Dalam kuaci terdapat mineral yang berfungsi sebagai anti-oksidan yang kuat dalam tubuh untuk mencegah munculnya kanker. Mineral ini juga berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel dalam tubuh rusak.

Menurunkan kadar kolesterol

Biji bunga matahari sudah terbukti menjadi cemilan yang ramah terhadap penderita kolesterol karena mengandung kalori yang rendah. Selain itu, biji bunga matahari sama seperti keluarga biji-bijian lainnya yang merupakan makanan rekomendasi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Merawat kulit

Ternyata, biji bunga matahari yang terlihat kecil ini mengandung vitamin E yang sangat tinggi. Sekitar 80 persen kebutuhan vitamin E dalam tubuh bisa dipenuhi dari ¼ cangkir biji bunga matahari. Kandungan anti-oksidannya pun mampu membuat kulit menjadi lebih lembap. Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari mampu meremajakan kulit dengan meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah timbulnya keriput.

Camilan pemersatu bangsa

Di balik manfaatnya dalam dunia kesehatan, kuaci sebenarnya bisa menjadi camilan pemersatu bangsa. Meskipun kamu tidak gemar dengan biji bunga matahari kering ini, saat kamu berada di samping temanmu yang sedang asyik makan kuaci dengan bunyinya yang ‘trek.. kretek..’ akan membuat kamu penasaran. Kenapa sih teman kamu bisa seasyik itu makan kuaci, padahal kelihatannya susah untuk dimakan. Pasti, tiba-tiba kamu ada rasa ingin mencoba, deh!

menghilangkan tumpukan hutang

Tips Jitu Menghilangkan Tumpukan Utang

manfaat ampas teh

Kenali Manfaat Ampas Teh yang Sering Diabaikan