in , ,

Kucumbu Tubuh Indahku, Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2019

imdb.com

Ngobrolin.id — Kabar terbaru dari dunia perfilman Indonesia. Sebuah film garapan sutradara Garin Nugroho dengan judul Kucumbu Tubuh Indahku berhasil memenangkan Piala Citra kategori Film Cerita Panjang Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Kemenangan ini disambut baik oleh para pemain juga sang sutradara dan produser. Terutama sang produser, Ifa Isfansyah yang sangat berterima kasih atas apresiasi luar biasa tersebut.

“Saya sangat berterima kasih pada Rianto, sebab, ia sudah rela kisah hidupnya dijadikan inspirasi. Dengan piala ini, setidaknya saya sudah tidak berutang lagi pada Mas Rianto,” ucap Ifa saat acara Penganugerahan Piala Citra FFI 2019, Minggu malam (8/12/2019) mengutip Kompas.

Pasalnya, film berdurasi 107 menit ini sempat kontroversial, dan bahkan ditolak tayang di 7 kota Indonesia setelah 6 hari masa penayangannya, April lalu. Tujuh kota tersebut antara lain, Padang (Sumatera Barat), Palembang (Sumatera Selatan), Pekanbaru (Riau), Pontianak (Kalimantan Barat), Kubu Raya (Kalimantan Barat), Depok (Jawa Barat), dan Garut (Jawa Barat).

Sebuah petisi online juga diajukan melalui laman Change.org yang menentang penayangan film tersebut karena dianggap mempromosikan LGBT. Hal ini membuat Garin Nugroho bersama sutradara lainnya yang tergabung dalam Indonesian Film Directors Club menyatakan prihatin atas pemboikotan yang dianggap sebagai penghakiman massa tersebut.

Meskipun begitu, Kucumbu Tubuh Indahku telah berhasil memboyong 8 piala dari 11 nominasi yang diberikan kepada film tersebut di ajang FFI 2019. Pada penayangannya pertama kali tahun 2018 lalu, film ini juga berhasil meraih 2 penghargaan dari 7 nominasi Festival Film Tempo 2018.

Film Kucumbu Tubuh Indahku diperankan oleh Muhammad Khan, Sujiwo Tejo, Teuku Rifnu Wikana, Randy Pangalila, dan Endah Laras.

kiwari farmers

Bisnis Kopi Kekinian ala Kiwari Farmers Warung Kopi di Kaki Gunung

tisane

Mengenal Sari Nurmayani, Produsen Tisane yang Mendunia