in

Kuliner Khas Aceh yang Kaya Rempah!

kuliner khas Aceh
Foto: instagram firtrianisamidan

Ngobrolin.id — Jalan-jalan ke Aceh, rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi kuliner khas Aceh. Olahannya yang kaya rempah bisa membuat ketagihan. Belum lagi, rasanya yang mantap dan pastinya harus banget dicoba kalau berkunjung ke ujung barat Indonesia ini.

Mi Aceh

kuliner khas Aceh
Foto: instagram jajan_nayla

Sudah terkenal di Indonesia, siapa sih yang tidak tahu kuliner yang satu ini? Mi aceh bisa dikenali dari rasanya yang khas dan bentuk minya yang berbeda. Mi aceh memiliki cita rasa pedas yang berasal dari rempah-rempah. Selain itu, irisan daging di olahannya bikin mi ini semakin kaya rasa.

Sate Matang

kuliner khas Aceh
Foto: instagram ubaidillah_dr

Matang merupakan salah satu daerah di Provinsi Aceh. Perbedaan sate khas Matang dengan sate lainnya adalah daging yang digunakan diungkep terlebih dahulu dengan bumbu khas sebelum di bakar. Kuah yang digunakan pun berbeda, yakni kuah soto yang gurih dan menggoda selera.

Kuah pliek u

kuliner khas Aceh
Foto: instagram firtrianisamidan

Berasal dari Aceh barat, ini dia kuah pliek u. Makanan ini berisi berbagai macam sayuran yang dimasak dalam sebuah kuali besar. Karena banyaknya isian, hal ini menjadi perlambang kekeluargaan dan keberagaman masyarakat Aceh. Kuah pliek u biasa disajikan saat acara keagamaan.

Ayam tangkap

kuliner khas Aceh
Foto: instagram astrienovie

Olahan ayam yang satu ini dibuat dengan ayam yang masih muda. Ayam tersebut digoreng kering dengan bumbu cabai hijau dan daun temuru. Daun temuru sendiri adalah daun kari atau daun salam koja. Makanan asli Aceh Besar ini punya rasa yang khas.

Ungkot kemamah

kuliner khas Aceh
Foto: dapoerani1

Makanan yang satu ini menggunakan ikan tuna sebagai bahan baku utama. Ikan tuna direbus dan dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian, ikan diolah dengan santan kelapa, kentang, cabai hijau, dan rempah lainnya.

Kuah beulangong

kuliner khas Aceh
Foto: instagram kulineranaceh

Kuliner yang satu ini kerap juga disebut sebagai gulee sie kameng, atau dalam bahasa Indonesia berarti gulai daging kambing. Seperti namanya, kuah beulangong menggunakan daging kambing sebagai bahan utama. Daging ini diolah dengan nangka muda, pisang kepok, dan pastinya bumbu rempah khas Aceh.

Dendeng Aceh

kuliner khas Aceh
Foto: instagram _ayuusshi

Olahan daging yang satu ini hampir sama seperti dendeng sapi kebanyakan. Hanya saja, bahan utamanya bukan daging sapi, melainkan daging rusa. Daging rusa dibumbui dengan rempah dan diolah hingga kering. Tertarik mencoba?

 

jenis masker antidebu

Niat Hingga Darurat, Ini Masker Antidebu yang Bisa Dicoba

layanan baru traveloka

12 Layanan Baru Traveloka yang Lebih dari Sekadar Traveling