in

Kuliner Khas Surabaya yang Patut Dicoba

Jalan-jalan ke kota Pahlawan, harus coba berbagai jajanan

kuliner khas Surabaya
Foto: instagram nyamnyam.kuliner

Ngobrolin.id — Berkunjung ke Kota Pahlawan nggak lengkap rasanya tanpa mencari santapan lezat. Berbagai kuliner khas Surabaya siap menemani kamu berkeliling kota ini tanpa takut perut keroncongan. Mulai dari rasanya yang unik, harga terjangkau, dan lokasi yang mudah diakses bikin kamu harus nyobain makanan ini.

Lontong balap

kuliner khas Surabaya
Foto: instagram matthewgilank

Kuliner yang satu ini asli dari Surabaya. Kamu bisa menikmati perpaduan lontong, tauge, tahu, lentho, lengkap dengan bawang goreng, kecap, dan sambal kacang.

Nama lontong balap disematkan karena pada zaman dahulu, panganan ini djual dalam kemaron, sejenis wadah dalam tanah liat. Para penjual biasanya membawa wadah ini sambil berlarian menuju Pasar Wonokromo untuk berebutan pembeli. Karena itulah, penganan lontong ini dijuluki lontong balap.

Rujak cingur

kuliner khas Surabaya
Foto: instagram kiki1780

Cingur dalam bahasa Jawa merupakan bagian mulut sapi. Seperti namanya, rujak cingur memang memberikan tambahan cingur sebagai komposisi bahannya.

Rujak ini terdiri atas campuran irisan buah timun, krai, bengkuang, mangga muda, nanas, dan kedondong. Tambahan lain seperti lontong, tahu, tempe, bendoyo, tauge, kangkung, dan kacang panjang diberikan untuk memperkaya rasa.

Berbeda dari rujak kebanyakan, bumbu rujak cingur adalah olahan petis udang, air matang, gula merah, cabai, dan kacang tanah. Istimewanya, sambal ini juga diberikan irisan tipis pisang klutuk yang masih muda.

Rawon

kuliner khas Surabaya
Foto: instagram mustfree

Rawon tidak hanya dikenal di Surabaya, tetapi juga di Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. Masakan ini berdahan dasar daging yang dimasak dengan bumbu rempah. Pembeda utamanya adalah penggunaan kluwek, yaitu rempah berwarna hitam.

Rawon biasa disajikan dengan tambahan nasi, sambal, tauge, dan telur asin. Di Surabaya, penganan ini bisa dengan mudah ditemui.

Tahu tek

kuliner khas Surabaya
Foto: instagram nyamnyam.kuliner

 

Makanan ini juga khas Surabaya, lho. Terbuat dari tahu goreng setengah matang dan lontong yang diiris kecil-kecil. Makanan ini juga ditambahkan irisan kentang goreng, tauge, ketimun, dan diberi bumbu serta kerupuk udang. Kamu juga bisa minta tambahan potongan telur rebus.

Nama tahu tek muncul karena saat proses pemotongan, para penjual biasanya menggunakan gunting sehingga muncul suara ‘tek tek tek’.

Nicole Zefanya

Niki, Penyanyi Muda Indonesia yang Sudah Go International

Karier Agnez Mo

Menilik Perjalanan Karier Agnez Mo