in

Kulit Berminyak? Hentikan Kebiasaan Ini

Kulit berminyak

Ngobrolin.idKulit berminyak jadi salah satu permasalahan. Bagaimana tidak? Jika kulit berminyak, make up yang digunakan pun akan lebih cepat luntur. Selain itu, kulit wajah juga akan lebih mudah dihinggapi masalah, mulai dari komedo hingga jerawat.

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kulit berminyak yang kamu punya.

Mengurangi makanan berminyak

Makanan yang kamu konsumsi bisa memengaruhi kulitmu, lho. Salah satunya adalah jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, akan menimbulkan potensi kulit wajah yang juga lebih berminyak.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan yang mengandung sedikit minyak. Mulai dari mengonsumsi buah dan sayuran serta mengurangi junk food.

Mencuci wajah dan scrubing

Bukan sembarang mencuci wajah, melainkan mencuci wajah dengan air panas. Jika kamu terlalu sering melakukannya, minyak alami di wajah akan terkuras. Dengan begitu, kulit wajah pun rentan memproduksi minyak secara berlebihan.

Selain mencuci wajah, scrubbing atau melakukan eksfoliasi secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Scrubbing bertujuan mengangkat sel mati. Namun jika terlalu sering, wajah justru akan teriritasi dan kulit semakin berminyak.

Bedak tebal? No!

Alih-alih menyerap keringat, penggunaan bedak yang berlebihan justru bisa membuat kulit kamu memproduksi minyak lebih banyak, lho. Bedak yang terlalu tebal bisa menyumbat pori-pori.

Terlalu sering berganti produk make up dan skin care

Tidak ada salahnya, lho, berganti produk kecantikan, baik kosmetik maupun perawatan wajah. Namun, menggantinya terlalu sering justru bisa membuat wajah memproduksi minyak secara berlebihan. Akibat lainnya, bisa jadi muncul masalah baru berupa jerawat!

Sebaiknya, gunakan produk yang memang cocok untuk jenis dan masalah kulitmu. Selain itu, segeralah ganti produk yang tidak cocok dan bertahanlah jika sudah cocok.

Tidak pakai pelembap

Walaupun pelembap berfungsi memberikan pelembapan pada kulit, kulit berminyak bukan berarti tidak butuh pelembap, lho. Jika kamu memakai pelembap, kebutuhan kulit akan kelembapan menjadi terpenuhi. Dengan begitu, kulit wajah tidak lagi memproduksi minyak secara berlebihan.

Jika tipe kulitmu berminyak, sebaiknya cari pelembap yang bisa menghidrasi dan menyeimbangkan kadar minyak. Pilih pelembap yang bebas minyak dan tidak menimbulkan komedo.

lagu terbaik Alan Walker

Hits! Ini Lagu Terbaik Alan Walker

Penyebab rambut beruban

Rambut Beruban? Mungkin Ini Sebabnya