in

Kulit Tetap Sehat Meski Pakai Make Up Waterproof, Begini Tipsnya!

make up waterproof
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat hendak menghadiri acara penting atau melakukan aktivitas di luar ruangan, kamu tentu memerlukan produk make up waterproof (tahan lama) yang tidak mudah luntur meski terkena keringat. Namun, sebelum memutuskan untuk memakainya, sebaiknya ketahui dulu beberapa tips menggunakan make up waterproof agar kulit tetap sehat.

  1. Pilih moisturizer yang tepat

Wajib hukumnya untuk tetap memakai moisturizer yang tepat dan primer dengan benar. Penggunaan moisturizer yang sesuai akan membantu foundation menempel dengan baik pada wajah dan menghindari tampilan yang menggumpal.

Sebelum menggunakan foundation, kamu perlu mengaplikasikan primer, karena foundation waterproof biasanya memiliki formula yang berat. Penggunaan primer akan membantu wajah tetap terhidrasi dan tidak kering.

  1. Hindari make up dengan kandungan silikon

Silikon adalah salah satu komposisi dalam produk kecantikan yang menjadikan produk bersifat waterproof. Dalam make up waterproof, silikon bekerja dengan menciptakan lapisan yang dapat mengunci kelembapan kulit dan membuat wajah menjadi mulus serta make up tidak mudah luntur meski terkena air atau keringat.

Walau begitu, ternyata kandungan silikon dalam produk make up waterproof bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat atau komedo, dan membuat kulit kusam.

  1. Pilih produk dengan kandungan polymer

Menurut beberapa penelitian kandungan polymer yang terdapat dalam produk kecantikan waterproof dinilai lebih aman. Disarankan untuk mencari produk kecantikan yang mengandung Acrylates Copolymer dan Isododecane. Dua kandungan tersebut memiliki kemampuan tahan air dan tidak akan membahayakan kulit.

  1. Pilih make up remover yang tepat

Pada umumnya make up waterproof lebih sulit dihapus dan memerlukan usaha lebih untuk bisa dihilangkan secara menyeluruh. Biasanya kamu akan membutuhkan makeup remover dengan kandungan minyak yang dikhususkan untuk menghilangkan makeup waterproof.

Jika kamu memilih make up remover biasa, make up waterproof tidak akan terhapus dengan mudah. Ini akan membuat kamu menggosok wajah terlalu keras sehingga dapat merusak kulit dan membuatnya dehidrasi.

tangki mobil

Kuras Tangki Mobil Hindarkan Kamu dari Mogok Mendadak

manfaat memiliki rekening tabungan

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan, Ini Menguntungkan!