in

Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini Solusinya!

Kurangnya asupan cairan bisa berdampak pada kulit wajah kering saat puasa, lho.

kulit wajah kering saat puasa
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Asupan cairan saat berpuasa tentu berkurang. Terutama di siang hari, saat matahari sedang terik-teriknya dan aktivitas sedang banyak-banyaknya. Salah satu akibatnya adalah kulit wajah kering saat puasa. Lalu, apakah ada solusinya?

Solusi pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan air agar tubuh dan kulit tetap terhidrasi dengan baik. Tidak ada salahnya minum air lebih banyak di malam hari dalam selang waktu berbuka hingga sahur. Tetapi, konsumsi air putih dalam kadar yang cukup, ya.

Tak hanya air, konsumsi sayur dan buah juga bantu menghidrasi kulit wajah kering saat puasa, lho. Sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan serat yang tinggi dan kandungan gizi lain yang baik untuk kulit. Selain itu, makanan ini juga punya kadar air yang cukup tinggi, terutama buah-buahan tertentu.

Beberapa buah yang memiliki kadar air tinggi antara lain semangka, belimbing, nanas, dan jeruk. Tapi tidak ada salahnya, lho, untuk mengombinasikan dengan buah jenis lain agar tidak bosan. Selain itu, kamu pun bisa mengolahnya menjadi jus buah agar lebih mudah dikonsumsi.

Masih soal asupan untuk mencegah kulit wajah kering saat puasa, salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan yang asin. Asupan yang terlalu banyak mengandung garam bikin kita lebih cepat haus.

Selain berasal dari makanan, kamu juga harus perhatikan lingkungan sekitar saat beraktivitas. Ruangan ber-AC biasanya memiliki udara yang lebih kering dibandingkan ruangan biasa. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari berada di ruangan ber-AC terlalu lama, ya.

Cara agar kulit wajah tidak menjadi tidak terlalu kering adalah dengan membasuh wajah. Kamu bisa lakukan ini sambil berwudhu, lho. Jika masih kurang, kamu bisa memakai sheet mask  di siang hari. Dinginnya serum dan aroma harumnya bisa menenangkan diri saat sedang berpuasa.

Selain sheet mask, penggunaan skin care lain juga tidak kalah penting. Kamu harus rajin menggunakan pelembap untuk menghindari kulit wajah kering saat puasa. Gunakan pelembap dua hingga tiga kali, terutama jika kulit wajah sudah mulai terasa kering.

Terakhir, jangan lupakan perawatan kulit wajah secara rutin. Puasa bukan halangan, lho, untuk tetap melakukan tahapan skin care. Kamu bisa menjaga kulit tetap sehat dari luar dengan penggunaan berbagai tahapan ini.

Jadi, jangan lupa lagi, ya! Nggak lucu, dong, kalau sebulan puasa dan pas lebaran penampilan justru berantakan karena kulit jadi ekstrakering.

cara penggunaan obat selama puasa

Kenali Cara Penggunaan Obat Selama Puasa

cacar monyet adalah

Monkey Pox Alias Cacar Monyet, Seperti Apa Penyakitnya?