in

Kurangi Plastik dengan Gaya Hidup 5R

Sayangi bumi lewat langkah sederhana

5R
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Selama ini, kita diajarkan untuk melakukan gaya hidup 3R untuk menyelamatkan dunia dari global warming dengan cara mengurangi sampah. Kini, kita tak hanya melakukan 3R, tapi sudah harus mampu menerapkan 5R. Apa saja?

Reduce

Kurangi! Kita harus mengurangi kebutuhan yang tidak kita perlukan. Alih-alih, kita justru malah menimbun sampah di lingkungan kita. Belanjalah sesuai dengan kebutuhan, mulai dari alat mandi hingga makanan santapan siang hari.

Kamu bisa mulai membawa kantong atau tas belanja sendiri saat berbelanja. Selain itu, belilah makanan sesuai dengan porsi makanmu dan usahakan menggunakan tempat makan sendiri. Jangan berlebihan, nanti terbuang sia-sia.

Reuse

Selain mengurangi, kamu juga bisa menggunakannya kembali. Ada banyak barang yang bisa digunakan berkali-kali, lho. Tumbler bisa digunakan berkali-kali untuk membawa air minum. Kamu juga bisa menggunakan kaleng bekas biskuit sebagai wadah berbagai perlengkapanmu.

Recycle

Jika barang-barang tersebut tidak bisa digunakan kembali alias tidak bisa di-reuse, mungkin sudah saatnya kamu melakukan recycle alias mendaur ulang barang-barang. Misalnya, kamu bisa mengumpulkan banyak botol minum bekas dan menjadikannya pot untuk tanamanmu.

Refuse

Tolak yang tidak kamu butuhkan! Kamu harus berani berkata tidak pada diri sendiri, bahwa kamu tidak benar-benar membutuhkan barang-barang yang sulit dicerna alam tersebut. Tak masalah ketika kamu menolak barang kecil seperti pamflet asalkan kamu bisa mengatakannya secara baik-baik.

Kamu bisa menerapkan refuse saat berbelanja di minimarket. Kamu bisa menolak menggunakan kemasan kantong plastik. Begitu pula saat memesan makanan dan minuman, kamu bisa menolak penggunaan sendok dan sedotan plastik. Gimana? Sudah siap refuse?

Rot

Bahan organik juga bisa didaur-ulang, lho. Tidak selamanya sisa-sisa makanan yang tidak kita konsumsi harus menjadi beban bagi alam. Kamu bisa manfaatkan kembali sisa-sisa makanan dan masakan yang tidak termasak sebagai pupuk tanaman. Letakkan saja sisa seduhan daun teh pada tanaman hiasmu. Selain dapat mengurangi sampah, sisa seduhan daun teh akan menyuburkan tanamanmu.

Jadi gimana, sudah siap untuk menerapkan gaya hidup 5R ini, kan?

Pemindahan ibu kota

8 Satwa Terancam Punah di Pulau Calon Ibu Kota

lagu Dipha Barus

Lagu Dipha Barus, Kolaborasi yang Bukan Kaleng-kaleng