in

Kuras Tangki Mobil Hindarkan Kamu dari Mogok Mendadak

tangki mobil
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Kendala mobil mogok mendadak salah satunya terjadi akibat bahan bakar, baik bensin maupun solar yang ada pada tangki mobil dalam kondisi basi. Oleh karena itu, tak jarang ditemukan masalah mogok karena adanya bensin atau solar basi dalam tangki, yang potensinya menyumbat fuel pump (pompa) serta injektor. Kok bisa basi?

“Iklim tropis membuat bakteri berkembang biak cepat dalam tangki yang menyebabkan pengendapan, penurunan nilai oktan dan kualitas seiring dengan waktu,” kata Setiady Sungkono, pemegang merek BRQ Fuel Catalyst, seperti dikutip Otomotifnet.

Lebih lanjut Setiady menjelaskan, apalagi kalau mobil tidak dipakai lebih dari sebulan, bisa jadi bahan bakar tidak layak dipergunakan lagi atau disebut basi. Oleh karena itu, untuk persiapan perjalanan jauh, ia memberi tips, kamu harus melakukan pengecekan dan pembersihan bagian tangki bahan bakarnya.

“Biasanya tangki bahan bakar yang tidak pernah dikuras, sering terdapat bensin atau solar basi, ciri khas warnanya keruh, ada endapan atau kotoran yang bahkan berbentuk gel,” papar lagi.

perbedaan hijab, jilbab, dan kerudung

Ternyata Ini Perbedaan Hijab, Jilbab, dan Kerudung

make up waterproof

Kulit Tetap Sehat Meski Pakai Make Up Waterproof, Begini Tipsnya!