in ,

Lagi Merasa Hampa? Begini Cara Mengatasinya!

jangan terlalu tenggelam dengan rasa hampa, ya

merasa hampa
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Perasaan hampa bisa saja datang sewaktu-waktu dan menyebabkan hati menjadi resah. Setiap melakukan kegiatan, kamu pasti merasa kurang nyaman karena hati sedang resah tidak menentu. Sebenarnya, merasa hampa sangat wajar dan disebabkan oleh beberapa faktor. Tapi, jangan biarkan perasaan tersebut terus menghantui diri kamu sehingga mengganggu aktivitas yang biasa dilakukan.

Ketika merasa hampa, kamu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini agar bisa cepat terbebas dari perasaan sedih yang tidak jelas.

Mencari tahu penyebab rasa hampa

Terkadang, sebenarnya kamu sudah mengetahui penyebab rasa hampa, hanya saja kamu sulit menemukan solusi untuk mengatasinya. Lakukan sharing kepada sahabat atau teman dekat yang tepercaya untuk melegakan sedikit perasaan hampa yang sedang memenuhi ruang hati.

Selain cerita, kamu juga bisa mencari penyebabnya dengan menuliskannya di catatan harian. Pasalnya, sering kali kamu tidak menyadari hal penyebab hampa tersebut. Saat akan menuliskannya, sebaiknya lakukan di tempat yang nyaman dan dengan pikiran yang fokus.

Temukan aktivitas yang tepat untuk mengisi kekosongan

Biasanya, perasaan hampa disebabkan oleh adanya kekosongan yang secara tidak sadar berada di hidup kamu. Kekosongan tersebut bisa saja karena kehilangan sesuatu, seperti kehilangan hewan peliharaan atau aktivitas yang biasanya kamu kerjakan setiap hari.

Jangan biarkan rasa kekosongan tersebut malah membuat kamu jadi bersedih dan malas beraktivitas. Isi rasa kekosongan tersebut dengan hal baru yang belum pernah kamu lakukan. Dengan mencoba hal baru, waktu kamu akan dihabiskan untuk melakukan hal baru tersebut.

Bersyukur

Kehilangan sesuatu yang biasanya selalu ada atau selalu dilakukan setiap hari memang diakui bisa membuat perubahan di dalam diri. Namun, jangan terlalu terbenam dengan perasaan kehilangan sehingga membuat kamu lupa bersyukur bahwa masih banyak hal baik yang masih bertahan di hidup kamu.

Bersosialisasi

Daripada hanya murung memikirkan perasaan yang hampa, sebaiknya kamu keluar kamar untuk bersosialisasi dengan teman-teman. Lupakan rasa hampa yang sering datang saat kamu sedang sendirian. Dengan bersosialisasi, kamu juga bisa memperluas jaringan komunikasi dan pengalaman yang sangat bermanfaat.

Sherlock Holmes

Ahli Waris Conan Doyle Menuntut Tokoh Sherlock di Film Enola Holmes, Wah Kenapa Ya?

Silk

Bae Suzy Ditawari Memerankan Silk, Superhero Marvel Keturunan Korea-Amerika