in ,

Lakukan Hal Ini Setelah Rumah Terkena Banjir

penting banget buat dilakukan

setelah banjir
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Musim hujan sudah tiba, dan saat ini Indonesia sedang mengalami cuaca ekstrem yang cukup parah karena menyebabkan banjir di berbagai daerah. Banjir yang merendam rumah biasanya akan menyebabkan kerusakan. Ketika banjir sudah surut, sebaiknya lakukan beberapa hal setelah banjir di bawah ini.

Amankan kerusakan barang berharga

Mobil yang terendam banjir pasti akan mengalami kerusakan. Agar kamu bisa mendapatkan klaim asuransi, catat seluruh kerusakan disertai dengan bukti foto untuk memperjelas kerusakan yang terjadi.

Setelah itu, hubungi pihak asuransi. Namun, sebelumnya kamu harus memastikan bahwa asuransi memang menanggung kerusakan barang akibat bencana alam, seperti banjir. Jika iya, kamu akan mendapatkan klaim bantuan bencana.

Kembalilah saat sudah benar-benar aman

Saat banjir, akan banyak hewan liar dan berbahaya serta berbagai ancaman lainnya yang tidak kamu ketahui masuk ke rumah. Sebaiknya, jika tidak terlalu penting, jangan masuk ke rumah saat keadaan belum benar-benar aman. Kamu juga harus ekstra hati-hati dengan selalu menggunakan alas kaki.

Gunakan sabun antikuman untuk cuci piring

Air banjir yang masuk ke rumah merupakan air yang menggenangi seluruh wilayah, baik yang bersih maupun yang kotor. Setelah banjir surut, cucilah seluruh alat makan menggunakan sabun antikuman untuk membasmi kuman-kuman yang tidak terlihat.

Perhatikan lingkungan sekitar

Sisir lingkungan sekitar rumah atau pekarangan rumah. Bersihkan pekarangan rumah dari berbagai macam bangkai hewan yang mati akibat banjir. Bangkai tersebut harus segera dimusnahkan dengan cara dibakar karena dapat berpotensi sebagai pembawa penyakit.

Periksa juga lingkungan sekitar untuk memastikan bahwa tidak ada bahaya yang tersembunyi akibat terbawa air banjir seperti binatang yang berbahaya, periksa bagian rumah yang rusak dan berpotensi roboh, kabel beraliran listrik, dan kebocoran gas.

Waspada terhadap sisa banjir

Ketika banjir surut akan menyisakan lumpur serta sampah yang dibawa oleh air banjir. Kamu harus waspada karena lumpur serta sampah tersebut sangat berpotensi membawa penyakit. Segera bersihkan, jangan sampai ada yang tersisa.

setu babakan

Wisata Kuliner Makanan Betawi di Setu Babakan

Cerita Sedih dan Haru di Balik Lagu ‘Memories’ Maroon 5