in

Lakukan Ini Jika Anak Mengalami Gangguan Tidur

anak mengalami gangguan tidur
Foro: pixabay

Ngobrolin.id — Anak-anak mengalami gangguan tidur memang sangat rentan terjadi. Rasa penasaran yang tinggi membuat aktivitas mereka sering kali berlebihan. Kurangnya waktu tidur pada anak-anak dapat berakibat fatal. Mulai dari konsentrasi terganggu sampai gangguan kesehatan.

Beberapa gangguan tidur yang sering dialami anak antara lain kesulitan tidur, mengompol, bermimpi buruk, dan mengigau. Anak juga sebaiknya memiliki jam tidur yang lebih lama daripada orang dewasa, yaitu hingga sembilan jam per hari.

Jika anak mengalami gangguan tidur, Moms bisa lakukan beberapa cara berikut.

Lakukan rutinitas sebelum tidur yang menyenangkan dan membuat anak bersemangat untuk pergi ke tempat tidur. Moms bisa membacakan dongeng, melakukan story telling, atau aktivitas cuci kaki dan gosok gigi dengan menyenangkan.

Pilih waktu tidur yang sama setiap harinya. Akhir pekan dan waktu sekolah sebaiknya tidak dibedakan agar anak bisa tidur di waktu yang sama setiap harinya.

Matikan peralatan elektronik, terutama jika sudah memasuki waktu tidur. Televisi, komputer, ponsel, radio, dan peralatan lainnya yang dapat mengganggu konsentrasi anak saat akan tidur sebaiknya tidak dinyalakan.

Jika Moms masih membutuhkan peralatan elektronik tersebut, pastikan letaknya tidak berdekatan dengan anak, ya. Dengan demikian, anak tidak akan terganggu.

Hindari memberikan santapan berat jika hendak tidur. Hal ini akan membuat anak lebih sulit tertidur.

Hindari memberikan makanan atau minuman yang mengandung kafein kepada anak-anak. Maksimal, berikan makanan atau minuman enam jam sebelum tidur. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung kafein antara lain kopi, minuman bersoda, cokelat, es krim, dan kuaci biji bunga matahari.

Jika anak masih terlalu kecil, tidurkan anak di atas kasur saat mereka mulai lelah namun mata masih terjaga. Hindari menidurkan di pangkuan atau gendongan.

Agar lebih mudah terlelap, redupkan cahaya kamar tidur dan pastikan suhu udara kamar dalam keadaan sejuk. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kesulitan tidur, begitu pula bila terlalu dingin.

Hindari suara bising di sekitar rumah, ya Moms. Suara bising dapat membuat konsentrasi anak terpecah dan sulit untuk tidur.

kebutuhan vitamin D

Penuhi Kebutuhan Vitamin D dari Makanan Ini

tips ini agar aman di internet

Lakukan Tips Ini Agar Aman di Internet