in ,

Lakukan Ini untuk Tekan Kecemasan Secara Alami

tekan kecemasan secara alami
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kecemasan dan stres adalah salah satu masalah kesehatan mental yang seringkali mengganggu dan memengaruhi orang dewasa. Untuk itu, diperlukan cara yang efektif untuk tekan kecemasan secara alami, tanpa ketergantungan medis.

Kecemasan adalah kondisi mental/perasaan yang mendahului keadaan di masa mendatang yang tidak diinginkan sehingga kecemasan itu menghasilkan stres. Untuk membantu mengatasi kecemasan, yuk simak cara alami berikut ini, melansir psychologytoday.

  1. Diet yang bersih

Diet kaya nutrisi memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menurunkan kecemasan dan meningkatkan mood. Meskipun tidak ada yang namanya diet sempurna, beberapa perubahan sederhana dapat membantumu menghindari kecemasan. Hindari minuman berkafein atau beralkohol karena keduanya bertindak memicu untuk pikiran dan perilaku cemas.

  1. Mendekatkan diri kepada Tuhan

Dengan melakukan ibadah terhadap keyakinan, serta doa dalam agama apa pun, memiliki keunggulan besar dalam setiap masing-masing aspek dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu keutamaannya adalah menghilangkan rasa cemas.

  1. Meditasi

Meditasi dan yoga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meditasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, serta merupakan cara paling umum untuk melatih perhatian. Dengan menghentikan semua aktivitas, melakukan relaksasi tubuh dan fokus pada apa yang ada di sekitarmu, efek ansiolitik (obat antikecemasan) yang dapat langsung dirasakan, sekaligus membantu mengusir rasa cemas.

  1. Gerakkan tubuhmu

Penelitian menunjukkan bahwa bergerak, seperti berjalan kaki selama 10 menit dapat menurunkan kecemasan secara signifikan. Jadi, hanya dalam beberapa langkah singkat sehari, kita bisa mendapatkan semua latihan harian yang kita butuhkan. Jalan-jalan di alam terbuka juga memiliki efek pereda kecemasan yang lebih baik, di samping juga dapat menghadirkan kesempatan untuk melatih meningkatkan perhatian.

  1. Ikuti rutinitas

Ternyata mengikuti rutinitas, terutama dalam kaitannya dengan makan dan tidur sangat penting untuk mengendalikan stres dan kecemasan. Melalui konsistensi, kita dapat mulai membasmi sumber kecemasan kita. Sangat sering, dengan hanya tidur yang cukup setiap malam sudah cukup untuk meningkatkan suasana hati dan kesehatan secara keseluruhan.

baca buku di dalam kendaraan

Pusing Saat Baca Buku di Kendaraan? Ternyata Ini Sebabnya

kegiatan wisata keluarga di bulan Ramadan

Kegiatan Wisata Keluarga yang Cocok di Bulan Ramadan