in ,

Lakukan Tips Ini Agar Aman di Internet

tips ini agar aman di internet
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Internet adalah tempat berkumpulnya segala macam hal. Mulai dari hal positif seperti belajar dan menyalurkan bakat, hingga hal negatif seperti tindak kejahatan. Maraknya tindakan kejahatan tersebut harusnya bikin kita makin waspada sama internet. Yuk, lakukan beberapa tips ini agar aman di internet.

Menjaga pembayaran

Jika kamu melakukan belanja online di berbagai situs dan apikasi market place, pastikan kamu belanja secara aman, ya. Lakukan pembayaran bersertifikasi SSL alias secure socket layer.

Jika bisa, jangan gunakan komputer umum saat bertransaksi. Hal ini agar data pribadimu tidak mudah dilacak orang lain.

Waspada pada pengintai

Kadang kala, ada beberapa situs atau aplikasi yang meminta izin untuk melihat data milikmu. Eits, jangan sembarangan memencet ‘OK’ atau ‘YES’, ya. Baca terlebih dahulu.

Jika dia meminta akses melihat data, baik itu kontak maupun data lainnya, kamu wajib waspada. Jika kamu mengizinkan karena merupakan syarat, kamu bisa menonaktifkannya ketika mengaksesnya dari jarak jauh.

Pastikan hanya kamu yang tahu sandi atau password

Gunakan aplikasi pencatat password atau simpan password-mu di suatu tempat yang tidak akan dengan mudah dilacak orang. Jangan biarkan orang lain tahu tentang password-mu, ya.

Kamu juga harus membuat sandimu dengan kombinasi huruf dan angka yang tidak terduga. Jangan buat sandi yang sangat mudah ditebak seperti nama lengkap, tanggal ulang tahun, ataupun hal yang jadi ciri khasmu banget.

Bebaskan dari virus

Pastikan perangkat yang kamu gunakan bebas dari berbagai virus sebelum membuka berbagai situs. Pastikan juga antivirus yang kamu punya masih bekerja dengan baik untuk menangkal serangan. Seringkali, situs atau aplikasi tertentu membawa suatu virus, lho. Nggak mau kan gadget rusak gara-gara iseng buka website?

Jangan asal klik

Masih nyambung dengan poin sebelumnya, kita harus waspada banget nih kalau udah ngomongin buka situs atau website tertentu. Berhubung beberapa website memang tidak aman dan menyimpan virus, lebih baik berhati-hati dan cek kembali ketika akan membuka suatu halaman. Jangan asal klik, ‘OK’, dan ‘YES’ ya, guys!

anak mengalami gangguan tidur

Lakukan Ini Jika Anak Mengalami Gangguan Tidur

duduk terlalu lama

Hindari Duduk Terlalu Lama, Kenapa?