in ,

Langkah Mudah Menanam Bunga Matahari di Rumah

rumah semakin indah dengan bunga matahari

menanam bunga matahari
foto: pixabay

Ngobrolin.id— Bunga matahari menjadi salah satu bunga potong favorit karena memiliki warna kuning cerah serta bentuknya yang indah sehingga bisa membuat orang menjadi bahagia ketika menerimanya. Selain jadi bunga potong, bunga matahari juga bagus dijadikan tanaman hias di rumah. Kamu bisa menanam bunga matahari di pekarangan rumah sehingga lingkungan rumah terlihat lebih ceria dan berwarna.

Sesuai dengan namanya, bunga matahari menyukai daerah yang terpapar sinar matahari. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan lahan yang tidak ternaungi oleh pohon besar atau bangunan. Bunga matahari memerlukan penyinaran matahari selama 6 sampai 8 jam lamanya.

Selain itu, bunga matahari membutuhkan media tanam dengan sistem drainase yang bagus agar akarnya bisa tumbuh memanjang dan proses penyerapan air berjalan dengan baik.

Tanah yang akan digunakan untuk menanam perlu dibersihkan dari gulma dan buatlah lubang tanam. Bunga matahari membutuhkan lubang tanam yang agak dalam karena akar tanaman terbilang cukup panjang. Setelah itu, letakkan benih di dalamnya.

Benih yang baru ditanam tidak boleh langsung terpapar cahaya matahari. Benih perlu diberikan naungan agar terlindungi dari embusan angin kencang dan hewan liar. Jika ada lebih dari satu benih yang ingin ditanam, kamu perlu memberikan jarak antartanaman sekitar 15 cm. Jarak tersebut berguna untuk memberikan ruang tumbuh bagi bunga matahari.

Agar bunga dapat tumbuh dengan subur, kamu perlu memberikan pupuk secara rutin. Jenis pupuk yang digunakan berupa pupuk organik ataupun anorganik. Kamu bisa mendapatkan pupuk di toko pertanian atau membelinya di ­e-commerce­. Namun, buat kamu yang pemula, sebaiknya beli pupuk langsung di toko pertanian agar bisa berkonsultasi terkait dosis pupuk yang sesuai untuk bunga matahari.

Setelah proses menanam bunga matahari usai, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah merawat bunga matahari. Bunga perlu disiram setiap hari, tetapi jangan sampai membuat media tanam terendam air.

Lakukan pemantauan setiap hari guna melindungi bunga dari serangan hama, seperti serangga. Jika daun bunga matahari mulai menguning, segera gunakan fungisida sebelum kondisinya semakin parah.

 

rambut upin dan ipin

Upin dan Ipin Bakalan Punya Rambut di Musim Terbaru

libur cuti bersama 2021

Libur Cuti Bersama 2021 Bakal Diperpendek, Guys!