in

Langkah Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Manfaat Kunyit

tingkatkan daya tahan tubuh dengan bahan alami

manfaat kunyit
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Salah satu kekayaan Indonesia dalam bidang pertanian adalah rempah-rempah. Sudah sejak lama rempah-rempah menjadi primadona. Bahkan, rempah-rempahlah yang menarik minat bangsa Eropa untuk berdagang ke Indonesia dan kemudian menjajah. Salah satu rempah yang kerap dimanfaatkan sebagai obat herbal atau tradisional adalah kunyit. Manfaat kunyit bagi tubuh sangat banyak, salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Sudah sejak lama manfaat kunyit digunakan dalam dunia pengobatan. Tak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan yang bisa memberikan warna kuning, kunyit juga sering digunakan dalam bidang kosmetik dan beberapa upacara keagamaan. Pemanfaatan rempah-rempah ini selalu berbeda di setiap negara.

Kunyit mengandung energi, lemak, lemak jenuh, kalsium, fosfor, sodium, potassium, zat besi, tiamin, riboflavin, niacin, asam askorbat, karbohidrat, serat makanan, gula, protein, dan asam lemak omega.

Kamu bisa memanfaatkan kunyit dalam berbagai bentuk, baik mentah, kering, maupun yang sudah diolah menjadi bubuk sehingga kamu bisa menyeduhnya dengan air. Namun, jangan konsumsi kunyit bersamaan dengan obat karena dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Menurunkan demam

Saat kamu demam tandanya sistem tubuh kamu sedang tidak seimbang. Kamu sebaiknya tidak langsung mengonsumsi obat antibiotik. Coba buat ramuan kunyit terlebih dahulu. Caranya, ambil 3 jari kunyit, lalu haluskan dan seduh dengan 200 cc air panas.

Tutup gelas tersebut rapat-rapat dan minumlah 1 jam sebelum makan. Lakukan langkah ini selama 3—4 hari. Jika demam tidak mereda, sebaiknya bawa diri kamu ke dokter karena kamu sudah mulai butuh antibiotik.

Batuk

Semua orang pernah merasakan batuk, kamu bisa mengatasi batuk dengan langsung mengonsumsi kunyit mentah beserta kulitnya. Batuk yang sering membuat kamu susah tidur bisa diatasi dengan ramuan bawang merah yang ditumbuk dan disaring dengan 50 cc air, lalu saring dan kasih garam. Minum ramuan tersebut saat menjelang tidur.

Sudah sejak lama kunyit dimanfaatkan menjadi anti-inflamasi, antimikroba, analgetik, antikoagulan, antivirus, antikanker, dan lain-lain. Kamu bisa menggunakan kunyit untuk menaikkan sistem imun di tengah kondisi seperti ini. Dosis kunyit yang bisa kamu konsumsi tiap harinya adalah 8—60 gram rimpang kunyit segar sebanyak tiga kali sehari, kunyit kering sebanyak 3—9 gram per hari, dan 1,5—3 gram bubuk kunyit per hari.

mencuci tangan

Cara Mencuci Tangan yang Tepat Guna Mencegah Virus Corona

social distancing

Ini Alasannya Social Distancing Dilakukan Selama 14 Hari