in

Langkah Mudah Perbaiki Bak Cuci Piring di Rumah

Lakukan ini bila bak cuci piring mulai mampet

memperbaiki bak cuci piring
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai peralatan dapur yang cukup penting, keberadaan bak cuci piring sangat berguna untuk membantu membersihkan tumpukan piring kotor. Jika bak cuci piring bermasalah, kebersihan dapur pun menjadi sulit terjaga. Berikut ini solusi memperbaiki bak cuci piring jika mengalami kebocoran.

Salah satu penyebab kebocoran bak cuci piring yang paling sering terjadi adalah kesalahan saat memasang keramik. Jika kamu menggunakan bak cuci piring berbahan beton, kamu perlu melakukan pembongkaran untuk memperbaikinya.

Cara mengetahui adanya kebocoran ini dapat terlihat dari adanya retakan di keramik. Jika sudah, kamu bisa mengoleskan waterproofing pada bagian beton tadi. Lapisan waterproofing akan mencegah rembesan air. Sebaiknya, berikan lapisan ini sebanyak dua kali.

Perhatikan ulang posisi sink atau lubang bak pencuci piring milikmu. Jika posisi lubang tersebut tidak tepat mengenai lubang meja, kebocoran akan sangat mungkin terjadi. Atur ulang posisi sink tersebut hingga terpasang dengan pas.

Tak hanya pada bak cuci piring yang terbuat dari beton, bak cuci piring yang terbuat dari stainless steel juga rawan mengalami kebocoran. Kebocoran ini bisa terjadi karena adanya retakan pada sambungan antara bak cuci piring dengan meja beton.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan sealant. Sealant akan menutupi retakan pada sambungan tersebut. Selain itu, sebaiknya kamu kombinasikan penggunaan sealant dengan campuran semen sehingga semakin mencegah kebocoran.

Langkah terkahir untuk memperbaiki kebocoran bak cuci piring bisa dilakukan sejak dini, yaitu dengan perawatan bak cuci piring. Gunakan penyaring pada saluran bak pencuci piring. Tak jarang, sisa-sisa makanan pada peralatan makan terbawa air dan masuk ke saluran pembuangan. Hal ini bisa mengakibatkan saluran air tersumbat dan terjadi kebocoran.

Saringan yang kamu gunakan akan menyaring sisa-sisa makanan. Selain di bagian atas, kamu juga bisa meletakkan saringan pada pipa saluran air. Dengan begitu, kotoran tidak memenuhi saluran air dan menyumbat pergerakan air kotor.

Cara-cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan. Tak lupa, lakukan pengecekan secara berkala untuk mengetauhi adanya penyumbatan yang terjadi. Jika kamu menemukan bak cuci piring milikmu tersumbat, segera lakukan perbaikan agar tidak menjadi kebocoran yang memerlukan perawatan lebih.

 

Lowongan kerja bodong

Ciri Lowongan Kerja Bodong, Jangan Tergiur

wisata di Penajam Paser Utara

Destinasi Wisata Alam di Penajam Paser Utara