in

Langkah Sederhana Memotong Anggaran Hingga Hemat

Cukup sedikit demi sedikit agar tabungan bisa kembali bangkit

memotong anggaran
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Kerasa nggak sih, pemasukan yang kita dapatkan setiap bulannya tiba-tiba saja menghilang dan ludes begitu saja? Kadang, kita memang tidak tersadar sudah membelanjakan uang tersebut untuk kebutuhan yang tidak begitu penting. Ini dia cara memotong anggaran pengeluaran sehingga kita bisa hidup lebih hemat.

Makanan

Siapa di sini tim yang habis gajian langsung cap cus ke restoran idaman? Makan memang merupakan salah satu cara mengelola emosi. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan-makanan fancy juga bisa membuat dompet menangis tragis. Yuk, mulai kurangi kebiasaan makan makanan yang dirasa kurang berfaedah atau porsi yang terlalu banyak.

Memotong anggaran makan ini bisa kamu switch dengan makanan murah meriah tetapi lebih kaya gizi dan nutrisi, lho. Hitung-hitung, kamu juga bisa berinvestasi pada kesehatan jangka panjang yang kamu punya.

Pakaian

Selain makanan, pakaian juga banyak bikin khilaf para kaum milenial. Munculnya banyak brand ternama dengan kualitas pakaian yang dinilai bagus, membuat hati jadi tidak tega untuk tidak bungkus dan bawa pulang. ‘Tidak sengaja’ membeli pakaian juga bisa terjadi karena banyaknya diskon yang diumbar oleh marketplace. Duh!

Yuk, mulai potong anggaran membeli pakaian demi tabungan yang lebih berisi. Sebab, tanpa kita sadari kita lebih sering membeli pakaiaan hanya karena ‘lucu’ tetapi tidak benar-benar membutuhkan. Benarkah demikian?

Transportasi

Walaupun sangat menunjang pekerjaan, transportasi juga merupakan salah satu pengeluaran terbesar yang perlu disesuaikan lagi anggarannya. Penggunaan transportasi ini seringkali membengkak karena kita lebih sering menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum.

Hobi

Sebagai pembelaan, kita kadang membelanjakan uang dalam jumlah banyak untuk memanjakan hobi kita. Misalnya, hobi make up akhirnya membeli banyak produk kecantikan, hobi bersepeda akhirnya membeli gear yang sangat mahal, hingga koleksi gundam yang sudah lupa jumlahnya berapa.

Nggak salah, kok, memiliki budgeting tersendiri untuk memanjakan diri dengan hobi ini. Kita pun butuh hobi agar pikiran tak stres dengan berbagai tekanan pekerjaan. Namun, alangkah lebih bijak bila anggaran ini dikurangi sedikit demi sedikit dan disisihkan untuk ditabung. Nggak harus langsung banyak, kok. Gimana, setuju?

game untuk anak

Game untuk Anak, Baik untuk Mengenalkan Hewan

Kehilangan nafsu makan

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan, Harus Tetap Jaga Kesehatan!