in

Langkah Simpel Hadapi Quarter Life Crisis

Tenang, jangan panik

mengatasi quarter life crisis
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Jika kamu kelahiran 1993—1999, tahun ini mungkin jadi lebih berat untuk dilalui. Sebagian besar orang akan mengalami tahapan quarter life crisis, atau krisis yang menyerang saat seseorang berusia 20—25 tahun. Bagi sebagian orang, fase ini bisa datang lebih cepat. Sudahkah kamu tahu cara mengatasi quarter life crisis?

Mudahnya, quarter life crisis adalah fase di mana seluruh kehidupanmu dipertanyakan. Mulai dari karier, percintaan, hubungan dengan keluarga, hingga urusan lain yang sebelumnya tampak seperti ‘urusan orang dewasa’. Ya, kamu sudah melangkah ke fase berikutnya dalam hidup. Selamat datang!

Ada beberapa langkah simpel yang kamu bisa lakukan untuk mengatasi quarter life crisis. Kamu bisa mengawalinya dengan memahami permasalahan yang kamu hadapi. Cari tahu permasalahan terbesarmu yang menjadi kunci dari quarter life crisis yang sedang kamu hadapi.

Masalah tersebut bisa berkutat soal keuangan, pekerjaan, atau hubungan dengan orang lain. Kemudian, buatlah skala prioritas untuk diselesaikan. Secara tidak langsung, kamu akan memisahkan urusan penting, sangat penting, cukup penting, atau tidak penting sama sekali untuk kamu urusi.

Selesaikan masalahmu satu demi satu. Carilah teman diskusi yang solutif untuk masalah-masalah yang kamu hadapi. Kamu tidak memerlukan toxic relationship yang membuatmu terpuruk. Carilah lingkungan yang bisa mendukung dalam meraih tujuanmu.

Namun, ada hal lain yang tak kalah penting saat menghadapi quarter life crisis. Selain menerima keadaan dan kemampuan diri, kamu juga harus menerima bahwa tidak semua hal bisa kamu kendalikan.

Kamu bisa berjuang sekeras yang kamu mau, namun hasil akhir kadang tidak sesuai ekspektasi. Ya, realitas memang sepahit obat, kawan. Tapi bukankah obat itu menyembuhkan? Demikian pula dengan hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan. Dengan menyadari hal tersebut, kamu telah melangkah ke satu step pendewasaan berikutnya.

Berhenti membandingkan pencapaianmu dengan orang lain. Kamu juga harus berhenti terus menyalahkan diri sendiri di masa lalu. Maafkan dirimu. Beri ruang untuk berkembang dan jangan hambar dengan terus berada dalam bayang-bayang orang lain atau masa lalu.

Kamu bisa, kok, menghadapi ini semua. Seperti banyak fase yang sudah berlalu, quarter life crisis juga akan berlalu bila sudah waktunya. Kamu pun akan lebih siap menghadapi dunia jika berhasil melewatinya!

cara mengatasi bullying

Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

quarter life crisis

Berada di Fase Quarter Life Crisis? Hindari Lakukan Ini