in

Langkah Tepat Sampaikan Pendapat Saat Rapat

Coba lakukan ini agar pendapatmu didengarkan

langkah menyampaikan pendapat
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Saat rapat dengan banyak karyawan lain dan juga direksi, kadang groginya setengah mati. Alhasil, pendapat yang sudah disusun sedemikian rupa bisa tiba-tiba ambyar. Yuk, ikuti langkah menyampaikan pendapat saat rapat agar kata-katamu didengar oleh peserta rapat.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tenang. Jangan tegang! Tenang dan yakinkan diri sendiri bahwa semua orang sedang mengawasimu, namun bukan untuk membantaimu. Walaupun ada direksi, mereka hanya ingin mendengarkan pendapatmu bukan untuk membantah argumenmu.

Kumpulkan rasa percaya diri dari dalam. Bangun ke-PD-an tersebut sambil tetap bersikap tenang. Rasa percaya diri yang cukup akan mengesankan bahwa pendapatmu benar-benar dipikirkan dengan matang.

Rasa percaya diri ini dapat dirasakan oleh orang lain, lho, termasuk peserta rapat. Jika kamu merasa tidak PD, gerak-gerikmu akan menunjukkan hal tersebut. Akibatnya, rekan dan pimpinanmu akan meragukan kata-katamu. Nggak mau, kan?!

Gunakan bahasa tubuh yang baik saat menyampaikan pendapat. Bahasa tubuh atau gestur ini juga menunjukkan sopan santun saat mengeluarkan argumen. Tak hanya dalam bentuk gerak tubuh, intonasi dan volume suara yang kamu gunakan juga harus kamu pertimbangkan.

Jangan mengucapkan kalimatmu dengan tergesa. Pastikan kamu menggunakan ‘tanda baca’ dan diucapkan dengan artikulasi yang jelas. Begitu juga dengan volume berbicara. Mereka tentu mau mendengar tanpa perlu mendekatkan telinga, kan?!

Saat menyampaikan pendapat, baik diminta maupun mengajukan diri, pastikan kamu melakukannya dengan landasan yang tepat, ya. Ketika kamu berpendapat tanpa dasar yang konkret, hal tersebut akan terkesan bahwa kamu asal berbicara.

Misalnya saja saat diminta mempresentasikan langkah berikutnya yang akan kamu lakukan. Kamu harus mengerti mengapa hal tersebut yang menjadi keputusanmu, bukan yang lain. Dengan dasar yang meyakinkan, peserta rapat pun akan lebih mudah menyetujuinya.

Jika sudah diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat saat rapat, langkah berikutnya adalah kamu harus siap dengan segala konsekuensi. Termasuk dikomentari, baik oleh rekan maupun direksi. Jangan baper! Masukan yang mereka berikan sebaiknya kamu terima dengan baik. Jika ada kata-kata yang kurang berkenan, kamu bisa menyaringnya dan tidak dimasukkan ke hati.

Terakhir, kamu boleh juga membela argumen yang sudah kamu berikan selama memiliki dasar yang jelas. Asalkan, kamu membalas argumen tersebut masih dengan argumen yang relevan. Hindari membawa masalah pribadi ke ranah publik, ya, termasuk ruang rapat.

 

keracunan makanan

Keracunan Makanan? Lakukan 5 Hal Sederhana Ini

merusak bumi

Kita Sedang Merusak Bumi Kalau Melakukan Ini