in ,

Langkah yang Tepat Saat Menggunakan Sunscreen

Siapa yang masih belum pakai, hayo?!

menggunakan sunscreen
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Sunscreen atau tabir surya sudah menjadi salah satu bagian dari rentetan skincare yang wajib kamu pakai setiap hari, meskipun kamu hanya di rumah. Cara menggunakan sunscreen sangat mudah. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya ke wajah yang sudah diberikan pelembap.

Sebenarnya, masih banyak orang yang salah dalam menggunakan sunscreen. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah jumlah takaran sunscreen yang digunakan.

Dilansir dari kompas.com, ahli dermatologi menjelaskan betapa penting menggunakan sunscreen dengan takaran yang tepat. Menurutnya, standar takaran sunscreen yang cukup untuk melindungi kulit secara sempurna adalah 2 mg per cm2.

Kamu pasti jadi makin bingung karena gak mungkin banget menghitung luas wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan tabir surya. Merujuk pada standar tersebut, jadi kamu membutuhkan 1,25 ml untuk digunakan pada area wajah dan leher. Jumlah 1,25 ml sama saja dengan seperempat sendok teh.

Kalau kamu masih sulit untuk mengetahui takaran yang tepat karena agak impossible untuk mengukur jumlah tabir surya dengan sendok teh, kamu bisa menggunakan cara yang sudah sangat populer, yakni sepanjang ruas dua jari. Jadi, kamu hanya tinggal mengeluarkan sunscreen ke seluruh ruas jari telunjuk dan jari tengah, kemudian aplikasikan satu jari untuk wajah dan satu jari lagi untuk leher.

Cara tadi cukup efektif untuk mengaplikasikan tabir surya yang berbentuk krim. Jadi, buat kamu yang baru berkenalan dengan tabir surya, sebaiknya pilih tabir surya berbentuk krim agar mudah menakarnya dengan tepat.

Takaran yang digunakan memang lebih banyak dari moisturizer yang hanya digunakan sebanyak empat dots untuk seluruh wajah. Pada saat awal pemakaian mungkin agak terasa becek dan basah, tetapi setelah sunscreen menyerap ke dalam kulit, wajah kamu akan kembali seperti semula.

Agar tabir surya yang kamu gunakan dapat bekerja secara maksimal, kamu perlu menggunakan sunscreen pada kulit kering 15—30 menit sebelum keluar rumah. Saat ingin menggunakan make up, kamu harus memastikan seluruh sunscreen sudah terserap ke dalam kulit agar tidak mengganggu make up yang akan kamu kenakan. Oh iya, pada dasarnya sunscreen perlu kamu aplikasikan ke bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

 

 

Permainan tradisional

Siapa Sangka Kalau Permainan Tradisional ini Dulunya Dimainkan Anak Jakarta?

tempat wisata di Indonesia

Deretan Tempat Wisata di Indonesia yang Super Indah dan Sudah Diakui UNESCO