in

Lantai Dapur Licin? Coba Pakai Cara Ini, Dijamin Ampuh!

lantai dapur licin
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kamar mandi dan lantai dapur adalah ruangan yang paling sering bikin semua orang khawatir karena kondisinya licin dan bisa menyebabkan siapa pun terpeleset. Bahaya kan?! Nah, ternyata lantai dapur licin itu bisa kamu siasati, lho. Yuk, simak dulu tips seputar lantai dapur berikut ini.

lantai dapur licin
Foto: Pixabay

Pembersihan rutin dan saat diperlukan

Cara terbaik untuk memastikan agar lantai dapur tidak licin adalah dengan membersihkan secara teratur. Ini bisa melenyapkan minyak dan kontaminan lantai dapur yang membuatnya licin. Usahakan agar kamu selalu membersihkan lantai dapur saat ada makanan jatuh atau terkena noda. Sebab, dapur merupakan area rumah yang sering dikunjungi oleh semua anggota keluarga.

Pakai produk pembersih tepat

Ada banyak tersedia produk pembersih lantai di pasaran dan bisa kalian cocokkan sesuai jenis dan kebutuhan yang ada. Kalau tidak, residu akan tertinggal di lantai dapur dan nantinya bisa membuat potensi tergelincir. Pastikan saat memilih produk pembersih keramik lantai dapur sudah ada keterangan antiselip atau slip resistant. Selain itu, pastikan kalian memilih pembersih lantai yang berkualitas baik.

Pastikan kondisi lantai kering

Setelah mengepel atau mengelap lantai dapur, pastikan untuk membiarkannya kering atau mengeringkannya dengan lap kering untuk mencegah licin atau tergelincir. Begitu juga halnya jika terjadi kejatuhan air, baik dalam jumlah besar maupun sedikit, langsung keringkan lantai dengan lap kering dan kibas-kibaskan untuk mempercepat proses pengeringan.

Alat pembersih yang ideal

Selain cara membersihkan lantai dapur yang tepat dan juga menggunakan pembersih lantai yang benar, pastikan juga alat pembersihnya sudah ideal. Saat membersihkan keramik lantai dapur, gunakan alat lap dan ember khusus, yang artinya tidak bercampur dengan pembersih ruangan lain di rumah. Pastikan alat lap seperti kain pel selalu dibersihkan dengan tuntas setiap kali digunakan, supaya tidak tersisa residu minyak untuk sesi pembersihan selanjutnya.

Perhatikan titik-titik rawan

Umumnya, tidak semua lantai dapur akan rentan licin, hanya beberapa titik-titik rawan yang butuh diberikan perlindungan tambahan berupa keset antislip. Titik-titik rawan yang perlu kamu perhatikan adalah di areal dekat wastafel atau bak cuci piring, di depan kulkas, di pintu keluar masuk dan di dekat areal galon atau tempat penampungan air minum dapur.

fungsi oli pada motor

Wajib Tahu! Ini Dia Fungsi Oli pada Motor

FBJ 2019

FJB 2019 Punya Tiga Hidangan Langka yang Jadi Primadona