in ,

Layar Tancap, Hiburan Merakyat yang Kian Tergerus Zaman

Kamu sudah pernah mencoba sensasi nonton layar tancap?

layar tancap
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Kamu termasuk generasi apa nih? Kalau generasi X dan Y, pasti pernah mengenal hiburan yang bisa ditonton bersama secara cuma-cuma atau berbayar, yaitu layar tancap. Layar tancap merupakan hiburan masyarakat Indonesia di kala era teknologi televisi dan bioskop belum berkembang begitu pesat.

Dilansir dari kompas.com, Hariadi selaku pengusaha layar tancap membeberkan keuntungan yang pernah ia dapatkan pada masa kejayaan hiburan ini yang berlangsung dari 1977 hingga 1992, kira-kira sebesar Rp4 juta per hari. Angka yang cukup fantastis untuk masa itu.

Dahulu para pemilik layar tancap akan mempromosikan hiburan tersebut dengan berkeliling kampung dan tempat keramaian sambil membawa pengeras suara. Selain itu, mereka juga menggunakan kertas selebaran untuk mempromosikan acara tersebut.

Orang-orang sering menyebutnya dengan sebutan bioskop misbar alias gerimis bubar. Hal tersebut dikarenakan layar tancap diadakan di ruang terbuka seperti di tanah kosong atau lapangan tidak beratap.

Memasuki era 2000-an, bisnis layar tancap sudah semakin tergerus oleh zaman, tetapi tradisi hiburan tersebut masih kerap diadakan dan bersifat cuma-cuma alias gratis. Layar tancap sering diadakan pada momen-momen tertentu, misalnya seperti hajatan sunatan, nikahan, perayaan Hari Kemerdekaan, dan sebagainya.

Dahulu, hiburan ini sangat digemari oleh warga. Tak heran, kehadirannya dinanti-nantikan. Bahkan, banyak warga dari kampung sebelah yang rela datang hanya untuk menikmati film yang diputar.

Banyak pedagang kaki lima yang rela datang jauh-jauh ke lokasi acara hiburan untuk mangkal karena di sana pasti banyak keramaian. Para pekerja akan sibuk merapikan gulungan rol film, mengatur sound system, proyektor, dan memasang layar putih berukuran cukup besar. Biasanya, akan dilakukan dua kali pemutaran film, dan acara hiburan baru selesai pada dini hari.

Kini, sebagian besar pengusaha layar tancap mulai memuseumkan peralatannya karena sudah jarang digunakan. Kamu pasti sangat sulit menemukan hiburan semacam ini lagi, apalagi jika tinggal di tengah kota. Mungkin kalau di perkampungan masih bisa menemukannya pada acara-acara tertentu.

 

 

 

ide kencan sederhana

Deretan Ide Kencan Sederhana, Berkesan dan Gak Bikin Kantong Jebol

sekolah online

Ini Dampak Negatif Sekolah Online yang Wajib Diwaspadai