in

Lebih Baik Mana Susu UHT atau Susu Bubuk?

susu UHT susu bubuk
Foto: upsplash

Ngobrolin.id—Susu segar dapat diolah menjadi banyak varian mulai dari susu UHT, susu bubuk, susu sterilisasi, serta susu
pasteurisasi dan susu evaporasi. Berbagai proses pengolahan menyebabkan hasil dan nutrisi yang berbeda pada masing-masing variannya.

Berbagai jenis produk susu, mungkin yang paling sering kamu didengar adalah susu UHT atau susu yang sering dikemas dalam kotak karton serta susu bubuk.

Sering kali kita bertanya, sebenarnya lebih baik susu UHT dan susu bubuk?

UHT merupakan singkatan dari ultra high temperature. Artinya, susu UHT diproses dengan suhu yang sangat tinggi. Umumnya karena diproses dengan suhu yang sangat tinggi, waktu proses menjadi lebih singkat.

Tujuan pemanasan susu adalah untuk mematikan mikroorganisme yang bisa menimbulkan kebusukan pada susu. Selain itu, enzim yang masih aktif dimatikan agar tidak terjadi aktivitas lanjutan seperti memecah protein atau zat gizi susu lainnya.

Sementara, susu bubuk dibuat dengan menggunakan mesin yang memungkinkan susu menjadi kering dan berbentuk bubuk dengan suhu, tekanan udara, dan waktu tertentu. Suhu yang digunakan untuk membuat susu bubuk lebih rendah daripada membuat susu UHT. Namun, waktu yang diperlukan lebih lama.

Hal ini kadang menyebabkan warna susu tidak lagi putih, tetapi menjadi sedikit kekuningan. Selain itu, berbagai zat gizi juga sudah tidak lagi dalam bentuk utuh.  

Susu UHT dan susu bubuk akan mengalami penurunan mutu saat mengalami proses pemanasan. Standardisasi zat gizi susu akan disamakan dengan menambahkan vitamin dan mineral dari luar susu. Jadi, kandungan gizi susu yang sudah diproses akan tetap terjamin. Namun, proses dengan UHT dapat dibilang lebih sedikit menurunkan nilai mutu susu.

Tujuan dari pengeringan susu menjadi bubuk adalah untuk pengawetan. Itulah sebabnya mengapa susu bubuk lebih tahan lama dibanding susu UHT, dan susu UHT lebih sedikit mendapatkan penambahan zat lain daripada susu bubuk.

Nah, sekarang sudah paham kan bedanya susu UHT dan susu bubuk. Pilih sesuai kebutuhanmu, ya! Pastikan meminum susu sesuai dengan usiamu karena kebutuhan gizi manusia berbeda-beda.

wisata pulau jeju

Jelajah Wisata Pulau Jeju di Korea Selatan yang Sedang Naik Daun

Lagu tentang pria yang ditinggalkan

Mewakili Perasanmu, Ini 9 Lagu tentang Pria yang Ditinggalkan