in

Ledakan Besar di Beirut Libanon

ledakan yang menggemparkan seluruh dunia

beirut
foto: twitter @borzou

Ngobrolin.id — Belum lama ini warganet Indonesia dihebohkan dengan video rekaman ledakan yang terjadi di Beirut, Libanon yang cukup dahsyat. Video ledakan yang tersebar di media sosial memiliki banyak versi karena banyaknya warga yang juga merekam dari berbagai arah.

Video ledakan tersebut pun viral di media sosial seperti Twitter dan Instagram. Hal tersebut menyebabkan tagar #Beirut dan #PrayforBeirut menjadi topik yang paling sering dibicarakan pada Rabu pagi (5/8).

Jika dilihat dari beberapa versi video, ledakan yang terjadi di Beirut memang terbilang cukup dahsyat, terlihat banyak warga yang merekam kejadian tersebut dengan rasa takut karena kejadian tersebut menewaskan puluhan korban dan menyebabkan ribuan orang luka-luka.

Dilansir dari bbc.com, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, mengatakan ada satu warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban luka-luka, tetapi saat ini kondisinya sudah stabil. Korban WNI tersebut merupakan pekerja migran di Libanon.

Ledakan yang cukup besar tersebut menyebabkan daerah tersebut mengalami gempa lokal atau guncangan selama 10 detik.

Para pejabat mengatakan ledakan tersebut berasal dari bahan peledak yang tersimpan di dalam gudang pelabuhan selama enam tahun. Timbunan bahan peledak yang rencananya akan dimusnahkan itu malah meluluhlantakan area pelabuhan Beirut dan sekitarnya.

Perdana Menteri Hassan Diab mengatakan ada 2.750 ton ammonium nitrat bahan untuk pupuk dan peledak yang disimpan di dalam gudang tersebut tanpa adanya pengamanan yang memadai. Pemerintah setempat akan mencari pelaku yang menyebabkan tragedi tersebut.

Ammonium nitrat merupakan bahan yang bisa digunakan untuk bahan peledak dan pupuk pertanian. Zat tersebut sangat sensitif dengan api sehingga mudah meledak. Selain itu, ammonium nitrat bisa melepaskan gas beracun seperti nitrogen oksida dan gas ammonia.

Karena mudah meledak, ammonium nitrat harus disimpan dengan prosedur yang aman seperti di tempat yang tahan api, tidak ada lubang drainase, pipa-pipa, atau saluran air yang dapat menumpuk ammonium nitrat.

Akibat ledakan tersebut, rumah sakit setempat dilaporkan kewalahan menangani para korban. Selain itu, pascaledakan, daerah tersebut masih mengepulkan asap pada malam hari, seluruh kota gelap, masyarakat sulit berjalan, dan banyak darah berceceran.

tidak menjadi bucin

Tips agar Kamu Tidak Menjadi Golongan Bucin

panjat pinang

Sejarah Lomba Panjat Pinang