in , ,

Liburan Cuti Akhir Tahun di Rumah Saja? Saatnya Hibernasi untuk Menyegarkan Pikiran

liburan di rumah saja? bagus dong!

hibernasi ketika liburan
foto: Unsplash

Ngobrolin.id — Istilah hibernasi pasti sudah tidak asing bagi manusia, meskipun sebenarnya istilah ini lebih tepat digunakan oleh hewan. Hibernasi sebenarnya merupakan kemampuan alamiah yang dimiliki hewan berdarah panas untuk bertahan di tengah musim dingin. Namun, seiring berjalannya waktu istilah itu digunakan oleh manusia. Kamu pasti pernah dengar kata-kata hibernasi ketika liburan.

Hewan berdarah panas seperti tupai atau beruang kutub akan melakukan hibernasi atau periode tidur panjang untuk menjaga sistem metabolisme tubuhnya. Hewan tersebut bertahan hidup di tengah cuaca dingin dengan menghemat energi tubuhnya.

Nah, kalau hibernasi ketika liburan itu maksudnya beristirahat di hari libur untuk mengembalikan tenaga serta mood setelah lelah beraktivitas. Hibernasi bisa dilakukan ketika kamu baru pulang dari liburan perjalanan jauh atau ketika tidak ada rencana pergi ke mana-mana ketika liburan.

Namun, maksud hibernasi di sini bukan hibernasi yang dilakukan oleh tupai dan beruang kutub ketika musim dingin. Justru sayang banget kalau liburan cuma dihabiskan dengan tidur saja. Malah kalau kebanyakan tidur bisa membuat kepala pusing dan badan pegal-pegal karena kurang gerak.

Maksud hibernasi ketika liburan adalah beristirahat dari aktivitas rutin yang dilakukan setiap hari. Kamu bisa menggunakan waktu-waktu hibernasi untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat kamu lakukan ketika tidak liburan, seperti nonton film, baca buku, atau mendengarkan musik.

Coba deh, lakukan puasa media sosial ketika hibernasi. Dijamin pikiran kamu bakalan lebih tenang dan segar. Fokus dengan kegiatan yang bisa membuat kamu nyaman dan tenang. Kalau sudah buka media sosial, pasti waktu yang ada malah tersita secara tidak sengaja untuk bermain media sosial. Tau-tau sudah sore saja dan kepala jadi terasa pusing karena terlalu lama menatap layar ponsel.

Selama hibernasi, kamu bisa merapikan atau menata ulang suasana kamar. Setelah capek berbenah kamar, manjakan diri dengan mandi air hangat atau berendam di bath up dengan air bunga agar dapat menghirup aroma bunga yang menyegarkan. Atau, kalau perlu kamu bisa mengunjungi tempat spa. Biar tambah rileks, gunakan air purifier atau essential oil diffuser.

Lakukan hal yang paling kamu sukai, misalnya nonton film, baca buku, atau apa pun itu yang sifatnya menyenangkan bagi diri kamu. Lalu, setelah itu tutup hari hibernasi dengan tidur tepat waktu, usahakan jangan begadang karena bisa membuat kepala pusing.

itinerary liburan

Seberapa Penting Itinerary Liburan?

perlikau anjing

Perilaku dan Kebiasaan Anjing yang Bikin Jatuh Cinta