in ,

Liburan dengan Budget Minim? Bisa Kok!

liburan dengan budget minim
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Liburan selalu menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh semua orang, baik muda maupun tua. Namun, sayangnya hasrat ingin berlibur sering kepentok dengan beberapa halangan seperti waktu dan anggaran. Sebenarnya, masalah anggaran masih bisa diakali, liburan dengan budget minim bisa menjadi solusi kamu tetap bisa berlibur tanpa merasa khawatir dengan kondisi keuangan.

Jangan takut, liburan dengan budget minim tetap bisa seru, kok! Hanya saja kamu perlu mempersiapkannya secara matang, mulai dari itinerary sampai anggaran yang perlu dikeluarkan. Nah, berikut ini Tim Ngobrolin punya beberapa tips buat kamu yang mau liburan dengan budget minim, simak ulasan berikut!

Cari promo terlebih dahulu

Memang kita tidak bisa berharap lebih dengan promo, tapi setidaknya usaha terlebih dahulu mencari promo-promo yang biasanya disediakan oleh layanan jasa tiket atau travel. Kamu perlu mengecek promo secara berkala karena biasanya promo tersebut tidak bertahan lama.

Susun budget yang diperlukan

Kalau tidak kunjung mendapatkan promo, kamu perlu menyusun anggaran liburan secara terperinci agar tidak ada yang terlewat. Usahakan jangan ada yang kelewat satu pun, seperti biaya toilet dan parkir. Anggaran yang perlu kamu catat antara lain biaya transportasi, makan satu hari, jajan, oleh-oleh, hotel, dan tiket tempat wisata.

Memang anggaran tersebut bisa berubah-ubah. Makanya, kamu perlu memikirkan bagaimana caranya agar pengeluaran nanti tidak terlalu melebihi anggaran.

Persiapkan akomodasi dan transportasi dari jauh hari

Biasanya, tiket murah atau hotel bagus yang murah cepat habis. Makanya, kamu perlu mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Jangan berharap bisa mendapatkan tiket murah atau hotel bagus yang murah apabila kamu memesannya dadakan.

Belanja oleh-oleh

Kalau kamu ingin belanja oleh-oleh, sebaiknya pilih lokasi belanja di luar tempat wisata atau tourist spot karena biasanya di lokasi tersebut harga produknya terbilang lebih mahal. Atau, kamu memerlukan keterampilan menawar agar bisa mendapatkan barang dengan harga lebih murah.

Pilihan destinasi

Destinasi-destinasi populer umumnya menetapkan harga tiket masuk yang cukup tinggi dan akan meningkat saat musim liburan. Kamu bisa menyiasati permasalahan ini dengan memilih destinasi yang anti-mainstream. Biasanya, harga tiket masuk destinasi tersebut tidak terlalu mahal.

Jangan males untuk riset

Memang saat ingin liburan dengan budget yang minim, kamu perlu melakukan riset yang lebih dalam karena biasanya ada harga ada barang. Terkadang, hotel atau destinasi yang murah memiliki kekurangannya tersendiri. Jadi, kamu perlu mencari tahu lebih detail untuk menyesuaikan dengan kondisi. Jangan asal murah, terus kamu langsung ambil. Makanya, kamu gak boleh males buat riset.

minyak jelantah

Tips Memanfaatkan Minyak Jelantah Bekas Pakai

tren minimalis

Girls, Ini Lho Deretan Sifat Wanita yang Kurang Disukai